Kadis PLH Sulsel Andi Hasdullah: Perhutanan Sosial Harus Diperkuat

Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Andi Hasdullah (AH) 

MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Andi Hasdullah (AH) mengingatkan bahwa perhutanan sosial harus diperkuat untuk menjaga pelestarian  lingkungan terkusus di wilayah perhutanan sosial

Hal itu dikemukakannya saat memimpin  l rapat terbatas dengan pihak Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sulawesi  yang diwakili Kasi Kemitraan Lingkungan Balai PSKL, di kantor DPLH Provinsi Sulsel, Selasa (4/02/2020).


"Kita harus bisa berdayakan komunitas masyarakat pengelola perhutanan sosial itu sehingga dalam masyarakat itu muncul rasa memiliki, mareka menjaga perhutanan miliknya, mareka mendapat hasil dan perbaikan ekonomi dari perhutanan sosial yang mareka jaga dan pelihara sendiri. Dan ujungnya adalah masyarakat itu menyatu dengan kawasan perhutanan sosial sekitarnya," ujar AH.

Hasdullah menambahkan bahwa ada tiga rangkaian yang harus kita intervensi, yang pertama adalah memberikan aspek legalitas komunitas  perhutanan sosial dari pemerintah, kedua, meningkatkan kapasitasnya melalui edukasi yang berkelanjutan dan ketiga, optimalisasi pengelolaan sosial ekonomi yang dapat menghadirkan kesejahtraan yang berkelanjutan. (Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama