Widget HTML Atas


Duet Sorring-Tangke Rombe Diprediksi Bakal Unggul Di Pilkada Torut


MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Roda politik menjelang Pilkada Toraja Utara 2020 terus berputar. Partai politik dan para Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati tak putusnya berinteraksi satu sama lain.
Para Balon terus berjuang mendapatkan parpol pengusung dan pendukung serta saling menjajaki peluang untuk berpasangan.

Terkini, dari pantauan awak media di lapangan, terjadi banyak perubahan politik secara drastis.

Partai Golkar yang tadinya diramalkan akan mendukung Ketua DPD II Golkar Torut, Frederik Victor Palimbong (FVP), untuk berpasangan dengan Balon Bupati Frederik Batti Sorring (FBS), sebagai Bakal Cawabup, tampaknya menemui kendala.
Pasalnya, parpol yang diketuai Airlangga Hartarto ini telah memberi rekomendasi surat tugas kepala Balon Bupati Yohanis Bassang.

Meskipun baru sebatas surat tugas dan rekomendasi, balon  yang akrab dipanggil OmBas ini setidaknya telah maju selangkah dibanding lainnya.

Dengan perubahan konstalasi politik ini, tim FBS diam-diam mengambil langkah antisipatif sebagai opsi lain mendekati pihak Petrus Tangke Rombe (PTR).

Tujuannya agar PTR bersedia turun selangkah menjadi Balon Wakil Bupati Torut berpasangan dengan FBS. Paket FBS-PTR sekiranya jadi, berdasarkan hasil survei warga masyarakat setempat, akan menjadi kekuatan dahsyat yang tidak tertandingi dengan 'total fight' (pertarungan total) dan sulit dibendung.

Kedua figur, FBS dan PTR, dapat saling melengkapi. Sorring atau FBS adalah mantan Bupati Torut sebelumnya. Dia dikenal memiliki karisma kepemimpinan yang populis dan telah teruji.

Di era kepemimpinan KABORO (Kala'tiku Paembonan-Yosia Rinto Kadang) saat ini, berdasarkan pantauan di lapangan, berbagai kalangan utamanya kalangan bawah atau warga masyarakat grass-root di lembang-lembang (red, desa-desa) di Torut, sangat mengharapkan kembalinya Sorring memimpin Torut kedepan.

"Kenna ia ora tu lendu'na, tonna Sorring. Iyate totemona susi bangri to, tae'bang ra peningkatan (Coba yang dulu saja, waktu Sorring. Ini yang sekarang hanya begitu, tidak ada peningkatan)," ujar seorang warga yang ditemui di salah satu lembang di Kecamatan Sa'dan, baru-baru ini.

Menurut warga yang enggan disebut namanya ini, kelemahan pemerintahan KABORO' saat ini sangat menguntungkan posisi Sorring  serta menambah popularitasnya.

"Kondisi ini yang memicu tingginya elektabilitas Sorring dibanding balon lain. Ini fakta yang tidak terbantahkan," ungkap Thonny Panggua, SH, Pengamat Politik Lokal Toraja di Rantepao, Kamis sore (12/3).

Sementara Petrus Tangke Rombe, mantan Sekab dan Plt. Bupati Pania Papua, sosok yang dikenal tenang, ramah dan pandai bergaul tanpa sekat.

Kompetensi dan pengalamannya sebagai birokrat dengan latarbelakang teknokrat, sangat menunjang tugas dan tanggungjawabnya jika diberi kesempatan memimpin Torut.

Dengan demikian, paslon Sorring-Tangke Rombe jika saja resmi diusung parpol, diprediksi akan merajai pertarungan pilkada Torut yang akan datang.
Parpol yang bakal mengusung dan mendukung paket ini, menurut bocoran yang ada, adalah Partai Demokrat Dan Partai Hanura. (Tom)

Posting Komentar untuk "Duet Sorring-Tangke Rombe Diprediksi Bakal Unggul Di Pilkada Torut"