Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Perkumpulan Peternak Akar Rumput Berdayakan Peternak Kambing Perah Di Pedesaan


CILACAP (wartamerdeka.info) - Perkumpulan peternak Akar Rumput yang merupakan organisasi pemberdayaan peternak di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Cilacap kini membina 9 kelompok ternak di Kabupaten Cilacap dan 2 kelompok di Kabupaten Banyumas.

Mereka bergerak di pemberdayaan petani yang melakukan kegiatan ekonomi produktif beternak kambing perah. Jumlah anggota mereka saat ini 210 peternak dengan populasi kisaran 2200 kambing.

Puthut Dwi Prastyo ketua perkumpulan peternak Akar Rumput mengatakan, mereka melakukan banyak program. Antara lain, Pendampingan SDM. "Peternak dapat mengikuti pelatihan pelatihan untuk anggota secara berkala," ujar Puthut.

Yang kedua adalah program Pendampingan Tata Kelola. Yaitu melakukan pendampingan teknis beternak secara efektif dan produktif.

"Ketiga adalah Progam bibit unggul. Perkumpulan akan memberikan pinjaman pejantan kambing perah unggul ke kelompok binaan dan petani binaan," lanjutnya.

Kemudian yang keempat adalah program Pendampingan pembiayaan. Program ini adalah upaya meningkatkan jumlah ternak anggota.  Memberikan pinjaman bibit betina produktif dan petani mengembalikan anak kambing setelah panen. "Kemudian induk diberikan kepada anggota pemelihara. Menjadi hak pemelihara," jelas Puthut.

Kelima, adalah program Pendampingan Pasar. Program ini melakukan penjualan dengan cara satu pintu.

"Semua hasil ternak anggota dipasarkan oleh perkumpulan dengan harga yang berkeadilan, lebih menguntungkan petani ketimbang menjual ternak sendiri ke pasar," terang Puthut.

Yang terakhir adalah Program recoording ternak. Semua ternak anggota tercatat identitasnya sebagai ukuran menentukan unggul tidaknya ternak.(gus)

Posting Komentar untuk "Perkumpulan Peternak Akar Rumput Berdayakan Peternak Kambing Perah Di Pedesaan"