Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


ICoLC Dan HVT Sumbang APD Kepada 19 Rumah Sakit Di Sumatera Utara

Foto: Ilustrasi APD baju Hazmat dan masker
JAKARTA (wartamerdeka.info) - Tanpa banyak bicara, Indonesia Council on Local Church (ICoLC), Jakarta bersama PT High Volt Technology (HVT), Jakarta, memberikan sumbangan APD (Alat Pelindung Diri) kepada 19 Rumah Sakit di provinsi Sumatera Utara (Sumut).

APD tersebut berupa baju Hazmat (Hazardous Material Suit) sebanyak 3.000 set dan 3.000 buah masker KN95 dan masker medis, sesuai standar WHO (World Health Organization). Hampir seluruh APD diimpor dari salah satu pabrik APD terbaik dan berpengalaman di China, serta mendapat dukungan pemerintah Indonesia dalam hal rekomendasi impor dari BNPB dan pembebasan fiskal dari Dirjen Bea Cukai.

Menurut Koordinator Program Pelaksana, Victor Gunadi, ke 19 Rumah Sakit penerima sumbangan di beberapa kabupaten/ kota di provinsi Sumut adalah:
1. RSUD H Abdul Manan Simatupang, Kisaran (Kab. Asahan);
2. RSUD Kabanjahe (Kab. Karo);
3. RSUD Tarutung (Kab. Tapanuli Utara);
4. RSUD Dr. Djasamen Saragih (Kota Pematang Siantar);
5. RSUD Deli Serdang, Lubuk Pakam (Kab. Deli Serdang);
6. RSUD Dolok Sanggul (Kab. Humbahas);
7. RSUD Porsea (Kab. Toba);
8. RSUD HKBP Balige (Kab. Toba);
9. RSUD Dr. Hadrianus Sinaga (Kab. Samosir);
10. RSUD Perdagangan, Bandar (Kab. Simalungun);
11. RSUD Bunda Mulia, Kisaran (Kab. Asahan);
12. RSUD Labuhanbatu Utara, Aek Kanopan (Kab. Labuhanbatu Utara);
13. RSUD Dairi (Kab. Dairi);
14. RSUD Pandan, Padang Sidempuan (Kab. Tapanuli Tengah);
15. RSUD Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli (Nias);
16. RSU Adam Malik, Medan;
17. RS Martha Friska Multatuli, Medan;
18. RS Universitas Sumatera Utara, Medan;
19. Fakultas Kedokteran USU, Medan.

Menjawab pertanyaan media tentang hal yang mendasari pemberian sumbangan tersebut, Victor Gunadi yang juga Sekjen ICoLC ini mengatakan, sebagai panggilan dan kepedulian kepada Rumah-rumah Sakit dan paramedis yang berjuang di garda terdepan melawan pandemi virus Corona (Covid 19).

“Lebih dari itu, donasi ini juga merupakan upaya kami ikut berkontribusi bersama dengan Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, dalam mengambil bagian menghadapi krisis akibat Covid-19 ini, ungkapnya via WA, Selasa (12/05/2020).

Dikatakan Victor, donasi ini murni inisiatif dan swadaya dari ICoLC dan HVT, yang juga ingin mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini.

“Lewat donasi ini, ICoLC dan HVT ingin mengirimkan pesan kepada Pemerintah, bahwa kami mendukung Pemerintah untuk bahu-membahu bersama seluruh bangsa Indonesia, dalam melewati krisis akibat wabah Covid 19 ini, imbuhnya.

Sementara dalam pendistribusiannya, lanjut Victor, hari Selasa (12/05/2020) seluruh bantuan secara serentak mulai didistribusikan dari Kota Medan ke seluruh daerah, dimana sebelumnya sudah melakukan rapat koordinasi, baik antara Tim ICoLC, relawan, dan dokter penanggung jawab di tiap Rumah Sakit, melalui online meeting.

Kami estimasi mayoritas hari ini, Rabu, 13 Mei 2020, donasi sudah dapat diserahterimakan ke Rumah-rumah Sakit baik di Medan, maupun di RS berbagai daerah yang dituju. Dan yang paling jauh, RSUD Gunung Sitoli, yang diperkirakan akan diterima hari Sabtu 16 Mei 2020 mendatang, bebernya.

Sedangkan jumlah APD dan masker yang didistribusikan, tidak sama dibagikan ke seluruh RS penerima. Karena disesuaikan dengan kapasitas RS dan besar kecilnya jumlah personil serta kebutuhan dari setiap RS tersebut.

Diketahui, Tim bekerja mulai dari persiapan membeli produk ke pabrik di Shenzen, China sampai perkiraan serah terima donasi ke 19 RSUD/RSU membutuhkan waktu hampir dua bulan. Dari yang tadinya 12 RS yang akan menerima donasi, berkembang menjadi 19 RSUD/RS.

Adapun susunan Tim Pelaksana Program donasi ini adalah: Penasehat - Dr. Saur Hasugian; Ketua Umum - Ir. Cawir Ginting; Koordinator Pengarah Program Donasi - Kol.(Purn) Ir. Berlian Tampubolon M.Sc; Koordinator Program - Victor Gunadi; Koordinator Lapangan (Tim ICoLC Medan) - Pdt Dedy Ketaren dan Esrawati Ginting; beserta hampir 50 relawan di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Sebagai informasi, Indonesia Council on Local Church (ICoLC) adalah organsasi nirlaba yang terbeban untuk kemajuan dan pengembangan pelayanan gereja Kristen lokal di Indonesia. ICoLC hadir untuk menjadi mitra gereja-gereja Indonesia dalam mengembangkan pelayanan, yang bertujuan untuk terus membangun basis pengetahuan, memupuk inovasi demi kepentingan setiap pelayanan.

Sementara PT High Volt Technology (HVT) merupakan perusahaan khusus, inovatif dan independen dalam hal instalasi, pengujian, commissioning, pemantauan, diagnosis, penilaian dan pemeliharaan peralatan tegangan tinggi. HVT muncul sebagai penyedia layanan di seluruh dunia untuk instalasi, pengujian, commissioning, dan uji HV di tempat dengan pengukuran pelepasan parsial untuk Gas Insulated Switchgear (GIS), Air Insulated Switchgear (AIS) dan Gas Circuit Breaker (GCB) hingga 500 kV.

Sementara itu, menurut sumber Tim Media Center Gugus Covid-19, dengan update terakhir 12 Mei 2020, situasi Covid-19 di Sumatera Utara adalah sebagai berikut: PDP 155 orang; Positif RT-PCR 198 orang; Meninggal 24 orang; dan sembuh 48 orang. DANS

1 komentar untuk "ICoLC Dan HVT Sumbang APD Kepada 19 Rumah Sakit Di Sumatera Utara"

  1. Terimakasih ICoLC Dan HVT

    Tetap lah jaya dan jadi berkat untuk sesama. Tuhan memberkati.

    BalasHapus