Sistem Transportasi Umum Menuju Era New Normal


Oleh: Budiyanto SSos MH
(Pemerhati Masalah Tranportasi)


Pemerintah mewacanakan era New normal dalam rangka menuju kesadaran dan kebiasaan baru dengan dasar proyeksi perkembangan Covid- 19 menunjukan trend melandai bulan Mei ini.

Era normal baru, yakni kembalinya aktivitas sosial - ekonomi warga disertai pelaksanaan disiplin protokol kesehatan.
Intinya bahwa New normal akan dilaksanakan dengan pertimbangan adanya penurunan Covid- 19 dan penekanan pada protokol kesehatan.

Kegiatan sosial - ekonomi tidak terlepas dari masalah - masalah transportasi karena setiap mobilitas manusia dan barang pasti akan menggunakan sarana transpotasi. Prinsip dasar transportasi umum harus memenuhi standart pelayanan minimal pelayanan, baik dari aspek keamanan, kenyaman dan keselamatan dan sebagainya.

Dalam menyongsong era New normal sistem transportasi yang akan dihadirkan disamping harus memenuhi prinsip dasar tadi, juga harus melaksanakan disiplin Protokol kesehatan yang ketat, sesuai Permenhub No 25 th 2020 dan Permen Kesehatan tentang kedaruratan Kesehatan.

Yakni, bagaimana menerapkan physical distancing, penggunaan masker dan menjaga kebersihan. Hal ini mutlak harus dilaksanakan karena kita masih berdampingan dengan Covid- 19 yang belum selesai dan untuk mencegah serta memutus penularan Virus Covid - 19 tersebut.

Dengan memberlakukan disiplin yang ketat teehadap sistem operasional Angkutan umum, mau tidak mau akan terjadi imbas pembengkaan biaya atau cost operasional.

Dengan adanya pembengkaan biaya operasional pasti akan dibebankan ke masyarakat pengguna hasa atau secara  diplomatis akan ada penyesuaikan harga ticketing yang tidak bisa dihindari.

Kehadiran Pemerintah perlu mencarikan langkah-langkah yang solutif untuk memberikan payung hukum terhadap tarif angkutan umum supaya terkontrol atau tidak terlalu membebani masyarakat.

Termasuk menjamin penambahan jumlah armada, waktu kedatangan yang tidak lama untuk menghindari penumpukan/ antrean penumpang dan mengefektifkan Petugas pengawasan untuk mengeliminir pelanggaran.

Dari semua langkah langkah
yang akan dilsksanakan berkaitan dengan wacana era menuju New Normal perlu ada langkah - langkah  pengkajian yang komprenhensip dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan sebagai landasan menghidupkan sektor - sektor sosial ekonomi secara bertahap.

Faktor sosialisasi dalam rangka memberikan pemahaman terhadap rencana New Normal perlu digaungkan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sehingga apa yang kita harapkan dalam rangka menuju kesadaran dan kebiasaan baru dapat terealisasi dengan baik dengan tetap pengetatan terhadap penerapan disiplin Protokol Kesehatan termasuk dalan sistem transportasi.

Sistem transportasi tidak bisa dilepaskan dari seluruh aktivitas manusia.

Basic yang mendasar bagi seluruh manusia untuk bersosialisasi hidup tidak bisa diisolasi selamanya

Era New normal adalah  jalan tengah yang bijak dalam rangka menuju kesadaran dan kebiasaan baru dengan tetap memperketat Protokol Kesehatan dalam semua aspek kehidupan termasuk dalam mempersiapkan sisstem transportasi


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama