Plt Bupati Lampura Membuka Pelatihan Kemandirian Keterampilan Di Lapas Kelas IIA Kotabumi


LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) - Plt. Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE., M. M., menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Kemandirian Keterampilan Kerajinan dari Bahan Fiberglass Bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Lampung Utara dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi. Di Lapas Kelas IIA Kotabumi, Selasa (14/07/2020).

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Lampung Utara mengungkapkan dilaksanakannya kegiatan fasilitasi bagi industri kecil dab menengah terhadap pemanfaatan sumber daya dalam kesempatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memberikan bekal keterampilan bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, serta diikuti sebanyak 53 orang.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Endang Lintang Hardiman, S.H., M.H., melaporkan jumlah warga binaan mencapai 365 orang dan petugas 68 orang.
Selain itu, beliau juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah atas keperduliannya yang telah membantu warga binaan.

Saat ini Lapas Kotabumi sedang menuju zona integritas agar menjadi icon di Lampung Utara sebagai salah satu jajaran vertikal.

"Kami juga ingin memberikan hasil karya dari warga binaan kami berupa 1 set kursi. Kami daur ulang drum yang biasanya dijadikan tempat sampah kini dapat dijadikan sesuatu yang layak, " ungkapnya.
Bukan hanya kursi yang terbuat dari drum bekas, tetapi warga binaan lapas Kotabumi Lampung Utara memproduksi masker guna mengadapi covid-19 ini.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Lampung Utara menyambut baik atas kegiatan ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan agar setelah selesai menjalankan masa pembinaan dilapas ini dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik bersama keluarga.

Kepada warga binaan yang akan mengikuti keterampilan, senoga dapat menambah nilai ekonomis, dan disukaj masyarakat. Kepada isntruktur jika ada inovasi lain yang bisa ditulakan kepada warga binaan agar apabila mereka sudah kembali kepada keluarganya, mereka sudah punya keterampilan untuk menyambung hidup mereka selanjutnya.

"Mari kita bersama membekali diri dengan berbagai keterampilan dan kecakapan hidup agar kita dapat membenahi kehidupan ini menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa kegiatan ini memiliki makna yaitu bagaimana memanusiakan manusia dengan memberikan keterampilan dan ilmu, sehingga keterampilam itu dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Bupati juga sangat mendukung dengan menyediakan satu ruangan atau ruko guna memasarkan hasil karya produk warga binaan dan mencari instruktur-instruktur yang baru lagi agar pengetahuannya lebih banyak lagi.

"Saya berharap kepada para warga binaan kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang diperoleh pada pelatihan ini dapat menkadi bekal yang baik di kemudian hari," katanya.

Penyerahan Cindramata hasil dari warga binaan Lapas Kotabumi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, dilanjutkan dengan peninjauan lapas.(yoke)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama