Kodim 0507/Kota Bekasi Gelar Rakornis TMMD Ke-109


BEKASI (wartamerdeka.info) - Kodim 0507/Bekasi menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rekornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Tahun Anggaran 2020. Rapat dipimpin langsung oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya, Kolonel Inf Uyat, S.IP di Aula Kodim 0507/Bekasi, Jalan Veteran No.60, Marga Jaya, Bekasi Selesatan, Kota Bekasi, Kamis (16/09/2020).

Dalam Rakornis yang dihadiri perwakilan dari BPMD Jawa Barat, Kantor Walikota Bekasi, Polrestro Bekasi, TNI AU, TNI AL, Korem 051 Wijayakarta, Aster Kasdam Jaya menyampaikan beberapa penekanan Kasad yang disampaikan saat Rakornis TMMD tingkat pusat beberapa waktu lalu.

Salah satu hal yang menjadi penekanan dalam Rakonis TMMD Ke-109 tersebut adalah Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus ditingkatkan melalui sarana TMMD sebagai media interaksi, terutama pada kegiatan sasaran fisik sebagai upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. 

“Evaluasi TMMD sebelumnya, belum terlihat sepenuhnya keterlibatan warga masyarakat saat mengerjakan sasaran fisik, yang kerja hanya anggota Satgas TMMD dan tukang-tukang, harapannya warga ikut juga dalam pekerjaan itu, sehingga benar-benar terlihat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tegas Aster Kasdam Jaya.

Selain itu, menurut Aster, kemanunggalan TNI dengan rakyat juga harus terlihat dalam interaksi Prajurit TNI dengan rakyat di luar kegiatan fisik. “Dalam program TMMD ini, Prajurit TNI harus tinggal di rumah-rumah warga di sekitar lokasi TMMD, sehingga terjadi interaksi kekeluargaan yang diharapkan bisa meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat" tuturnya.

Aster juga menyampaikan lomba karya jurnalistik TMMD yang diselenggarakan oleh Sterad dan Dispenad. “Selain mencapai sasaran fisik dan nonfisik, dalam TMMD juga dilombakan karya jurnalistik dengan kategori Kapendam, Dandim (Dansatgas), wartawan media elektronik, cetak dan online. Harapannya kita bisa meningkatkan perolehan juara lomba jurnalistik dari TMMD sebelumnya,” harapnya.

Dalam Rakornis ini juga dipaparkan rencana kegiatan TMMD oleh Dandim 0507/Bekasi “TMMD akan digelar selama 30 hari sejak 22 September hingga 21 Oktober 2020 di Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Mustikajaya,” tutup Aster.

Ny Reni, Sekda Kota Bekasi berharap, dalam pelaksanaan program kegiatan fisik dan non fisik pada TMMD ke-109 semua pihak dapat bersinergi dengan baik. 

"Terimakasih dan selamat bertugas bapak-bapak TNI Polri bersama warga masyarakat semakin sadar akan pentingnya selalu mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, sehingga menumbuhkan semangat gotong royong di lingkungan masyarakat Kota Bekasi," ujarnya.

Dandim juga menjelaskan sejumlah ruas jalan dan rumah yang menjadi sasaran fisik. “Ada 10 ruas jalan yang akan diperbaiki dengan total panjang 1.618 meter, pembuatan sodetan drainase dan turap, serta 7 unit rumah tidak layak huni juga 1 unit Posyandu yang akan direnovasi,” jelasnya.

Sedangkan sasaran nonfisik, dalam TMMD ini akan dilakukan sejumlah penyuluhan seperti bela negara, wawasan kebangsaan, kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum, Kamtibmas, narkoba, agama, KB, perikanan, peternakan, lingkungan hidup, PKK, pelayanan publik, bahaya terorisme dan faham radikalisme. “Akan dilakukan juga penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat oleh tim nonfisik seperti dari TNI, Polri, Pemda, Dinas-Dinas terkait, Kajari, DPPKB dan Depag di sejumlah tempat seperti sekolah dan kantor kelurahan/kecamatan,” ujarnya.

Di akhir paparannya, Dandim menjelaskan rencana upacara pembukaan TMMD yang akan dilakukan pada 22 September 2020 di Lapangan Sepakbola Kelurahan Pedurenan Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. “Pada upacara pembukaan nanti, akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan peninjauan lokasi TMMD ke-109 Tahun Anggaran 2020”, tutup Dandim.(rosidi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama