Kunjungi Museum Bang Yos, Bamsoet Dorong Pejabat Publik Berikan Inspirasi Kepada Generasi Muda


BEKASI (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi pendirian museum Bang Yos yang didirikan mantan Pangdam Jaya/Gubernur DKI Jakarta Letjen TNI (purn) Sutiyoso. Melalui museum yang terletak di Jalan Kalimanggis No. 100 Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Bang Yos mengabadikan perjalanan hidupnya mulai dari kecil, karir di militer hingga terjun ke dunia politik.

"Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menceritakan perjalanan hidup seseorang. Kebanyakan orang mengabadikannya melalui tulisan di buku. Sangat jarang tokoh yang mau mengabadikan perjalanan hidupnya dengan membuat museum. Langkah Bang Yos ini patut kita dukung dan tiru," ujar Bamsoet usai berkunjung ke museum Mister Manix atau Bang Yos di Bekasi, Sabtu (14/11/2020).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menuturkan perjalanan hidup Bang Yos untuk mencapai sukses tidaklah mudah. Jatuh bangun dalam hidup sudah dialami Bang Yos. Terlebih, Bang Yos terlahir sebagai anak desa. Berkat kerja keras dan sikap pantang menyerah, kesuksesan pun diperoleh.

"Tentu kita berharap generasi muda mau belajar banyak dari kesuksesan para seniornya. Tidak ada keberhasilan serta kesuksesan yang diperoleh secara instan. Semua tetap perlu tekad, usaha keras serta percaya diri," kata Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menambahkan, langkah Bang Yos mengabadikan perjalan hidupnya, baik melalui museum ataupun buku, bisa menjadi contoh pejabat publik lainnya untuk berbuat serupa. Sehingga, mampu menjadi inspirasi bagi generasi penerus bangsa. 

"Seorang pejabat publik harus berani memberi insprasi perjalanan hidupnya. Museum Bang Yos saya yakin mampu memberikan pembelajaran bagi masyarakat luas. Bang Yos mampu membuktikan, walaupun hanya anak desa dengan ekonomi orangtua pas-pasan, dengan semangat dan usaha keras berhasil sukses sebagai tentara, gubernur, Kepala BIN dan pimpinan partai politik," ujar Bamsoet. 

Bamsoet menjelaskan, tidak hanya Bang Yos. Orang tua Bang Yos yang hanya guru SD ini juga mampu menjadikan 8 anak-anaknya menggapai cita-cita berkat kerja keras. “Sutiyoso jadi Jenderal, Gubernur dan Kepala BIN. Begitu juga dengan saudara kandungnya  yang juga sempat menjadi Gubernur Jawa Tengah dan Ketua DPRD Jawa Tengah,” ujar Bamsoet. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama