Pemprov dan Pemkot Bersinergi Peringati HUT Ke-413 Makassar 413, Gubernur NA: Kita Akan Cepat Pulih Dari Resesi

Luar Biasa...Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Di Kuartal Ketiga Tahun Ini Capai 8,18 Persen


MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Pemkot Makassar bersinergi peringati HUT ke-413 Kota Makassar. Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah, menyatakan keyakinannya, Indonesia adalah negara yang akan cepat pulih dari resesi dunia. 

Di Sulsel sendiri, menurut NA, pertumbuhan ekonominta di kuartal ketiga tahun ini berhasil mencapai 8,18 persen.

Dan Gubernur yakin, Makassar akan mampu memulihkan ekonomi yang sempat melemah akibat pandemi Covid-19.  Olehnya itu, ia meminta agar Pemerintah Kota Makassar serius dalam mengembangkan potensi yang ada.

Diungkapkannya, dalam kondisi pandemi, beberapa program strategis nasional bisa diselesaikan. Termasuk jalan layang, dan juga bandara baru (Sultan Hasanuddin) akan selesai dan akan semakin memperbesar kapasitas penumpang.

"Jujur saja Makassar adalah etalase timur Indonesia dan ibu kota Provinsi Sulsel. Tentu akan memfokuskan perhatian kita ke Kota Makassar. Karena memang ukuran timur ini adalah Makassar, sebagai hub," kata Nurdin Abdullah, pada acara HUT ke-413 Kota Makassar, di Kantor DPRD Makassar, Sabtu (14 November 2020).

Sulsel menjadi sorotan publik, karena potensi dari semua aspek dimiliki. Dukungan ini juga datang dari Kota Makassar.

"Dampak positifnya adalah Kota Makassar hidup dari MICE, pertemuan nasional, regional dan internasional merupakan kunci untuk meningkatkan pundi-pundi pendapatan. Saya sangat berharap bahwa ke depan Kota Makassar menjadi kota yang nyaman dan asri, indah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, mengungkap sejarah kejayaan Makassar yang tersohor karena pariwisatanya. Tanah Makassar terkenal dengan perputaran ekonomi yang kuat dengan sinergitas semua pihak juga para investornya. Hal inilah yang ia ungkapkan saat memberikan sambutan pada Hari Jadi Kota Makassar yang lahir pada 9 November 1607.

Rudy dalam sambutannya optimistis Makassar bisa kembali berjaya dan kembali bangkit di tengah pandemi Covid-19, menyusul sinergi yang kuat antara seluruh elemen, baik legislatif, termasuk Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Alhamdulillah, berkat sinergi yang erat  Makassar mampu keluar dari zona merah dan terus melakukan upaya pengendalian Covid hingga saat ini. Kita tidak ingin lambat-lambat dalam memulihkan ekonomi, makanya kita bangun program prioritas yang strategi dan tepat sasaran," ujar Rudy.

Pada kesempatan ini, Rudy menyampaikan terima kasih kepada legislatif yang telah menganggarkan pelebaran jalan Metro Tanjung Bunga sebagai ikon baru yang akan membawa multiplayer effect yang tinggi terhadap pergerakan ekonomi masyarakat. Selain itu, Prof Rudy juga berterima kasih kepada Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, yang telah menginisiasi lahirnya ikon baru di Kota Makassar, seperti pembangunan lego-lego di kawasan CPI.

"Kami juga berterima kasih atas prakarsa Bapak gubernur, yang akan menghadirkan twin tower di kawasan CPI, yang nantinya akan menciptakan paradigma baru hubungan eksekutif dan legislatif menjadi sinergi yang lebih kuat.  Kita juga akan melakukan penataan zona kawasan wisata, revitalisasi taman dan pedesterian, termasuk perbaikan sistem lalu lintas sebagai program prioritas. Termasuk pembenahan sistem kebersihan, menghadirkan mobil compactor yang berfungsi sebagai pengangkut sampah yang lebih efisien," jelasnya.

Infrastruktur pendukung segera dibangun, seperti pasar modern, gedung parkir dan penataan jalan, termasuk bus wisata gratis di Kota Makassar yang akan menambah daya tarik wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati Kota Makassar.

Pada kesempatan ini, Prof Rudy juga menyebut sejumlah upaya dalam menggerakkan sektor riil, seperti kerajinan tangan, serta ribuan produk-produk UMKM yang akan dimunculkan sebagai produk unggulan, termasuk kerajinan perak di Borong, dan kerajinan emas di Tallo.

Dengan mengusung tema adaptasi baru menuju gerbang investasi dan pariwisata, langkah strategis serta program terarah dan terukur senantiasa disinergikan bersama Pemerintah Provinsi Sulsel.

Di akhir acara peringatan ulang tahun Kota Makassar sekaligus juga diserahkan secara simbolis bantuan dari Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham kepada Pj Wali Kota Makassar berupa ventilator sebagai upaya pemberantasan virus Covid-19 di Kota Makassar. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama