Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Lebih Dari Lima Titik Lampu PJU Cilacap Mati, Masyarakat Inginkan Perbaikan


CILACAP (wartamerdeka.info) -  Lampau Penerangan Jalan Umum atau PJU merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari sehingga memudahkan pejalan kaki, pemakai sepeda, dan kendaraan kendaraan lainnya, melihat dengan lebih jelas jalan atau medan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan dari pengguna jalan dari kecelakaan maupun kegiatan / aksikriminal. 

Fungsi utama lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah memberikan rasa aman dalam melakukan aktivitas perjalanan di malam hari. Sehingga dapan menekan angka kecelakaan jalan serta menurunkan angka kriminalitas.

Namun sudah tiga bulan terakhir masyarakat di Desa Bengbulang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap merasa tidak nyama. Karena lampu penerangan jalan umum yang sedianya dapat bermanfaat sesuai fungsinya sekarang mati.

Lebih dari lima titik lampu mati dan belum ada perbaikan. Warga merasa khawatir dan tidak nyaman. Selain jalan menjadi gelap,  sebelumnya banyak terjadi kasus pencurian di sekitar desa Bengbulang. 

Selain lampu, PJU yang terletak di RT 01 dan RT 02 RW 01 ini mengalami kerusakan pada mesin meteran listrik. "Pada pagi hari, lampu dimatikan oleh warga. Begitupun pada saat menjelang malam hari warga menghidupkan dengan cara manual melalui MCB nya," tutur Darsono warga RT 01 RW  01 pada saat dikonfirmasi wartamerdeka.info Sabtu (19/12/2020).


Padahal, lanjutnya, masyarakat sudah berupaya mencari solusi dengan mengganti fotosel pada komponen yang tergabung pada meteran listrik dengan biaya iuran warga.

Lampu PJU yang terpasang di lokasi RT 01 RW 02 juga mengalami hal yang sama. Sebanyak tiga lampu yang dipasang pada pengerjaan proyek PJU pada Januari 2019 juga mati. 

Dengan adanya kerusakan pada meter listrik dan matinya beberapa lampu PJU, warga berharap secepatnya ada perhatian berupa perbaikan dan penggantian lampu dari Disperkimta Kabupaten Cilacap.

Hal itu juga diungkapkan Kepala Desa Bengbulang Sudiro, menurutnya dengan kondisi jalan yang gelap banyak kemungkinan resiko yang terjadi. "Kami berharap ada perbaikan dari dinas terkait," ujarnya.

Apalagi, Sudiro melanjutkan, dengan kondisi dimusim penghujan ini banyak terjadi bencana alam longsor. Dengan adanya PJU yang dipasang dipinggir jalan sangat membantu masyarakat.

Dihubungi melalui sambungan telpeon WhatsApp Kusmianto petugas lapangan Disperkimta wilayah UPT Majenang mengatakan akan mengatur jadwal untuk perbaikan PJU di wilayah Desa Bengbulang.

"Nanti kami akan melakukan penjadwalan untuk melakukan pengecekan ke lapangan. Setelah itu melalui koordinasi dengan bagian tekhnis, kami akan mendatangi lokasi dengan membawa lampu sebagi pengganti dan mobil Kren untuk pemasangannya," jelasnya.(gus) 

Posting Komentar untuk "Lebih Dari Lima Titik Lampu PJU Cilacap Mati, Masyarakat Inginkan Perbaikan"