Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Melalui WNMBN, Kodim 1207/BS Tanamkan Patriotisme Kepada Generasi Muda


PONTIANAK (wartamerdeka.info) - Kodim 1207/Berdiri Sendiri punya cara kreatif untuk menanamkan semangat patriotisme kepada generasi muda, yaitu melalui Wisata Nusantara Matematika Bela Negara (WNMBN). Kegiatan ini dibuka kemarin oleh Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. di Aula Makodim 1207/BS, Jln Gusti Sulung Lelanang, Kota Pontianak.

Wisata Nusantara Matematika Bela Negara diikuti oleh Organisasi Kepemudaan di Kota Pontianak. Seperti FKPPI, Pemuda Pancasila, PPM, Menwa dan Pramuka. Selain menerima pembekalan peserta WNMBN juga diajarkan tentang kedisiplinan, wawasan kebangsaan, dan dinamika kelompok, peserta juga diajak dan diperkenalkan berbagai kegiatan tentang bela negara. Di antaranya kegiatan motivasi cara berpikir suprarasional untuk bela negara, permainan matematika bela negara dan pengenalan alutsista dan sejarah.

Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan dalam sambutannya mengatakan, Globalisasi yang lahir beberapa dekade yang lalu,  pengaruhnya merambah ke penjuru dunia hingga saat ini. Implementasi dari hal tersebut diatas dalam konteks Nasionalisme adalah menurunnya Jiwa Patriotisme generasi muda, menurunnya wawasan kebangsaan dan Bela Negara.

Untuk itu, kata Dandim, terkait hal yang demikian maka Kodim 1207/BS harus hadir mengupayakan langkah-langkah yang sistematis, inovatif dan nyata dalam penguatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, terutama bagi generasi muda Jaman sekarang (jaman Now) yang mana memiliki berbagai ciri yang harus dimengerti dan dipahami, salah satu diantaranya adalah cenderung berani berfikir kritis dan analitis.

"Tujuan kegiatan ini adalah, untuk memberikan bekal kemampuan dan pemahaman serta cara berfikir kepada para peserta WNMBN, agar sekembalinya nanti dapat menularkan ilmunya baik di Sekolah, lingkungan Kampus maupun dalam wadah Organisasi Kepemudaan masing - masing," kata Dandim.

"Sehingga kita sebagai generasi muda dapat mewarisi semangat dan meneruskan cita-cita para Pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan Negara Indonesia," tambah Kolonel Inf Jajang Kurniawan.

Sedangkan Ahmad salah satu peserta dari Pemuda Pancasila Kota Pontianak mengungkapkan, dirinya sangat terkesan, melalui kegiatan ini menurutnya Ia dapat pengetahuan baru.

"Saya jadi mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, dan tidak kalah menariknya, dilatih anggota TNI yang ramah," kata Ahmad.

Senada juga dikemukakan Erni peserta WNMBN dari FKPPI Wilayah Kota Pontianak, dirinya mengaku bersyukur telah hadir dalam kegiatan WNMBN. Erni berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan kebangsaan generasi muda penerus bangsa. (Pendam XII/Tpr)

Posting Komentar untuk "Melalui WNMBN, Kodim 1207/BS Tanamkan Patriotisme Kepada Generasi Muda"