170 Desa Di Kab.Purwakarta Siap Gelar Pilkades Serentak Dengan Penerapan Prokes

Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo

PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  -Berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri, Pilkades serantak di Kab.Purwakarta disarankan bisa digelar pada tahun 2021. Ada 170 Desa di Kab Purwakarta yang akan ikut Pilkades serentak di Tahun 2021.

Dengan rincian,  83 Desa yang telah habis masa jabatan pada 2019 ditambah dengan 87 Desa yang habis masa jabatannya pada tahun 2021 ini.

Untuk menggelar Pilkades serentak, secara teknis, mekanisme dan penganggaran, Pemkab. Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tengah melakukan persiapan - persiapan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkades serentak tersebut, yang menurut rencana akan digelar pada Agustus 2021 mendatang.

Di antaranya dengan melakukan sosialisasi disetiap Kecamatan mengenai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 79 tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, dengan mengundang Camat dan mengikutsertakan Muspika, Kepala Desa juga Ketua Bamusdes serta melakukan bintek untuk PPS dan KPPS.

Kepala DPMD Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo, kepada awak media di sela kegiatan sosialisasi di Aula Kecamatan Wanayasa, Senin (15/02/2021) mengatakan, jika tak ada aral melintang, pada 25 Agustus 2021 mendatang sebanyak 170 Desa di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak 

"Untuk tahapannya, akan dimulai pada tanggal 26 Februari 2021 mendatang," kata Jaya

Jaya juga menjelaskan, untuk mengantisipasi masa pandemi yang jika hingga bulan Agustus 2021 masih belum usai, ketika pilkades serentak dilaksanakan, pihaknya akan menyiapkan anggaran agar memastikan penerapan protokol kesehatan disetiap tempat pemungutan suara (TPS) dilaksanakan dan diterapkan dengan baik

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait berkenaan dengan aturan-aturan penanganan pandemi Covid-19, adapun untuk besaran anggaran penerapan prokes di TPS-TPS kami putuskan setelah ada keputusan bupati, dan nanti akan disosialisasi juga," pungkas Jaya.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama