Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


HUT Kab Barru Digelar Terbatas, Namun Terasa Ke Seluruh Wilayah

BARRU (wartamerdeka.info) - Pelaksanaan Hari Jadi Barru ke-61 Tahun 2021 ini, berjalan sukses, konsep acara yang dikemas sedemikian canggih meski dibatasi oleh Protokol Kesehatan Covid-19, tetap mampu mengangkat semua peristiwa, pidato, dan agenda penting, menyebar ke semua warga Barru. 

Tidak kurang dari empat saluran teknologi komunikasi, baik melalui Zoom Meeting yang hadirkan semua OPD, Camat, Desa, dan Lurah bergabung dalam satu layar. Maupun, mempersembahkan tayangan di masyarakat melalui Akun Facebook dan Instagram Humas Barru, termasuk diabadikan dalam Link Youtube Barru Channel.

Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST yang hadir di lokasi Lingkungan Kantor Bupati Barru, kemudian diterima di tempat acara, pada pukul 09.30, pagi tadi, Selasa (9/3/2021). 

Beliau kemudian dijemput dengan musisi yang melantunkan irama bugis penyambutan tamu kehormatan, sebelum Plt. Gubernur Sulsel naik ke Lantai VI Menara Mal Pelayanan Publik (MPP) Barru, sebagai tempat acara.

Ruangan yang telah disulap oleh panitia menjadi lebih eksklusif dan tetap dengan menjaga jarak serta membatasi undangan, agar menghindari kerumunan, jadi saksi perayaan puncak hari jadi kali ini.

Nuansa "Nafas keagamaan Barru" sangat terasa, ketika secara berurut, Qoriah Husnul Khatimah, membacakan Ayat Suci Al Qur’an dengan sangat indahnya. Demikian pula, ketika Ketua MUI Kabupaten Barru yang juga Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso, Anregurutta Prof Dr. H, Faried Wajdy Lc, MA, memimpin doa pujian dan rasa syukur, kepada Sang Pencipta, dan secara khusu' diaminkan oleh segenap Hadirin.

"Rasulullah Sallalahu Alaihi Wassalam, dalam hadistnya mengatakan, tatkala berkumpul orang banyak, lalu diantara mereka (ada yang memimpin) membacakan doa, kemudian diaminkan, maka Allah Subhanahu Wa Ta'Ala akan mengabulkan Doa itu," ucap Anregurutta Prof Faried Wajdy dihadapan Undangan. Selain Plt. Gubernur Sulsel, turut hadir selaku undangan, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdysam, Wakil Ketua DPRD Prov. Sulsel Muzayyin Arief, bersama beberapa mantan Ketua DPRD Barru Fakhruddin Sabir, SE dan Mantan Wakil Bupati Barru Drs. H. Andi Anwar Aksa, Ketua KKDB H.M. Yasin Azis, Mantan Kapolres Barru yang kini menjadi Kapolres Kota Parepare Willy Abdillah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulsel, serta undangan lainnya.

Kemudian, Ketua DPRD Barru, Lukman T, membuka Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 ini. 

"Dengan suasana kesederhanaan, efisien dan ekonomis, sebagai bagian dari upaya memutuskan mata rantai Pandemi Covid-19, Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Hari ini, Saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk Umum" ucap Lukman T selaku Pimpinan Wakil Rakyat. Ia kemudian mengetuk Palu Sidang, penanda disaksikan dan disetujuinya Hari Jadi oleh seluruh rakyat Barru.

Hari Jadi Barru, yang selalu membacakan Sejarah Barru, mendapatkan Sekretaris Daerah Barru, Dr. Ir. Abustan M.Si ke podium. Sekda yang pada bulan ini, telah mencukupi satu tahun masa kerja Jabatan selaku, Sekretaris Daerah Barru Defenitif, dengan tenang.

Ia membacakan, linimasa Barru, bahkan sejak tiga ratusan tahun lalu, ketika Nusantara masih terpecah dalam Kerajaan Kecil.

Sejarah Barru kemudian diuraikan lugas, sampai ke penetapan berdasarkan regulasi, bahwa tanggal 20 Februari 1960, adalah penanda administrasi lahirnya Kabupaten Barru, dengan Letkol La Nakka, sebagai Bupati Barru yang pertama. 

Abustan kemudian membaca secara berurut segenap data dan tahun Bupati, Wakil Bupatj, dan Ketua DPRD dari Tahun ke Tahun. Yang menarik, ketika pembacaan data Bupati Barru di angka 17, Sekda Barru yang pernah menduduki Jabatan Rangkap selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati Barru, mendapat perhatian dan apresiasi.

"Tujuh belas, Dr. Ir. Abustan M.Si, Plh. Bupati 8 Hari, Makasih, dari 18 Februari hingga 25 Februari," sebut Sekda Abustan membacakan data dan refleks berterima kasih atas apresiasi hadirin.

Kemudian, Bupati Barru Ir H Suardi Saleh M.Si, naik ke podium kehormatan memulai Pidatonya, yang disaksikan oleh segenap Lapisan Masyarakat Barru, melalui saluran Teknologi Komunikasi.

Bupati Suardi Saleh mengawali dengan menyampaikan rasa hormat nya atas kehadiran Plt. Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, serta beberapa undangan lainnya, di Puncak Peringatan Hari Jadi Barru ke-61, kali ini. Sembari mengucap Syukur.

Inilah isi Pidato Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh saat Momentum Hari Jadi Barru Ke-61:

Dengan senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena  atas Rahmat dan Karunia-Nya,  pada hari ini kita  bersama-sama dapat menghadiri  peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 dalam suasana yang penuh kedamaian, kesejukan, kebahagiaan dan kebersamaan. Semoga pada moment yang berbahagia ini, Allah SWT senantiasa memberikan Inayah-Nya  kepada  kita  semua,  sehingga  hidup  dan  kehidupan  kita, senantiasa dalam ridha dan naungan-Nya.

Selanjutnya, perkenankan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barru dan seluruh lapisan masyarakat,  mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Plt.Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan serta segenap hadirin yang saya hormati atas kesediaannya meluangkan waktu dan kesempatan untuk  menghadiri acara ini, baik secara langsung di  gedung tower lt.6 ini, maupun yang hadir secara virtual melalui zoom meeting dan  channel Youtube. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan pula, Saya selaku Bupati Barru mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Barru dimanapun berada. Teriring doa dan harapan semoga di hari jadi kali ini, menjadi momentum dan komitmen bersama untuk mewujudkan Kabupaten Barru yang lebih sejahtera, mandiri, dan berkeadilan yang bernafaskan keagamaan. 

Bapak Plt.Gubernur, Hadirin dan Hadirat yang Kami Muliakan

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kita telah menyelesaikan seluruh tahapan Pemilukada serentak pada tanggal 09 Desember 2020, dengan aman dan tertib serta tingkat partisipasi pemilih mencapai 81 persen. Untuk itu kami mengucapkan terimakah kepada penyelenggara Pemilukada dalam hal ini KPU dan BAWASLU, serta segenap unsur yang ikut mendukung keamanan dan ketertiban jalannya Pemilukada yakni TNI dan  Polri. 

Dan terutama kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada masyarakat Kabupaten Barru yang telah mengikuti konstalasi politik dengan menggunakan hak suaranya dan tetap menjaga perdamaian setelah berlangsungnya proses pemilukada. 

Untuk itu mari menjadikan Hari jadi tahun ini sebagai momentum untuk merajut kembali kebersamaan setelah konstalasi politik pada ajang pemilukada. Diharapkan tidak lagi terkotak-kotakkan oleh keharusan pilihan, maka yang  wajib dihadirkan adalah semangat kebersamaan “YASSIBERRUI” untuk Barru yang lebih maju dan sejahtera.

Kebersamaan ini pula menjadi spirit kita  dalam menghadapi pandemi Covid19. Dimana pada akhir tahun 2019 dunia diterpa wabah pandemi Covid 19 yang mempengaruhi seluruh sendi kehidupan dan bahkan masih dirasakan sampai hari ini, termasuk di Kabupaten Barru. Dengan semangat kebersamaan, kita dapat saling jaga dalam mencegah penularan Covid 19 melalui dukungan terhadap pelaksanaan vaksinasi dan menerapkan perilaku 3 M (Memakai Masker, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan Menjaga jarak).

Berdasarkan dua kondisi tersebut (Pemilukada dan Covid 19), maka tema peringatan hari jadi pada tahun ini adalah “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Sosial Untuk Barru yang Lebih Maju dan Sejahtera”. Tema ini merupakan harapan agar menginspirasi semua pihak untuk meningkatkan keterpaduan, kerjasama  dan membangkitkan semangat kebersamaan dalam suasana yang selaras untuk mencapai sasaran pembangunan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang menuju Barru yang lebih maju dan sejahtera.

Tema ini sejalan pula dengan berbagai karya yang telah diukir oleh Pemerintah Kabupaten  Barru dalam kurun waktu tahun 2017 hingga 2020 sebanyak 38 Penghargaan, baik berupa karya yang mendapatkan pengakuan yang berskala regional maupun nasional. Adapun penghargaan yang diterima pada  Tahun 2020 antara lain : 

1.Pada Tahun 2020 menjadi “Indonesia Top Leader Awards 2020” untuk kategori “Innovative Leader of The Year 2020" berdasarkan Kategori Terbaik dalam Keterbukaan Publik oleh Seven Media Asia; 

2.Anugerah Penghargaan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Barru  pada  Kategori Tokoh Pertumbuhan Zakat atas nama Ir. H. Suardi Saleh, M.Si;

3.Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan. Juara 1 pada kategori percepatan ODF dengan pelibatan  lintas sektoral;

4.Penghargaan dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas kesuksesan Pemerintah   Kabupaten Barru melampaui target Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor;

5.Peringkat Pertama di Sulsel dan Peringkat 23 Nasional untuk Indeks Desa Membangun  berdasarkan Data Kementerian Desa dan PDT;

6.Penghargaan Nobel Education Award dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia untuk Kategori Pelopor Pengembangan SDM Aparatur;

7.Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia  dari Kementrian Hukum dan HAM RI;

8.Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut.   

Bapak Plt.Gubernur, Hadirin dan Hadirat yang Kami Muliakan..

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 pada hari ini, memiliki arti dan nilai yang penting bagi kita semua, tentu bukan sekedar untuk menyegarkan kembali ingatan kita tentang terbentuknya Kabupaten Barru akan tetapi sebagai momentum untuk merenungkan kembali dan mengevaluasi segala ikhtiar yang telah kita lakukan dalam mengemban amanah untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. 

Dengan kata lain Peringatan Hari Jadi harus mampu menjadi momentum untuk merefleksikan sejauh mana karya yang telah ditorehkan untuk kemajuan Kabupaten Barru.

Berkaitan dengan perjalanan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Barru sampai dengan saat ini, sudah barang tentu menghadapi dinamika berupa keberhasilan dan kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan. Potret pembangunan Kabupaten Barru, seperti halnya dengan kabupaten/kota lainnya di Indonesia juga diwarnai dengan dinamika dari tahun ke tahun.

Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah kita capai hingga saat ini terlihat pada berbagai indikator pembangunan daerah antara lain: 

1)PDRB meningkat dari Rp.5,97 Trilyun pada tahun 2017 menjadi Rp. 7,43 Trilyun pada tahun 2020;

2)Pendapatan per kapita yang semakin meningkat dari Rp.34,48 juta pada tahun 2017 menjadi 42,47 juta pada tahun 2020; 

3) Pertumbuhan ekonomi meningkat dari 6,48 persen pada tahun 2017 menjadi 7,41 Tahun 2019. Pada tahun 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 0,87 persen. Pertumbuhan ekonomi ini melambat dikarenakan terjadinya pandemi Covid 19 yang efeknya dirasakan oleh semua sektor perekonomian. Provinsi Sulawesi Selatan terdapat hanya 13 Kabupaten Kota yang bertumbuh positif, dan Kabupaten Barru berada pada urutan ke 7. Hal ini patut disyukuri dan membuktikan bahwa ketahanan ekonomi Kabupaten Barru  baik. Capaian ini Jika disandingkan dengan capaian nasional yang kontraksi dan bertumbuh negatif  sebesar  -2,07 dan Provinsi Sulawesi Selatan sebesar -0,70. 

4) Indeks pembangunan manusia meningkat dari 69,56 pada tahun 2017 menjadi 71,00 pada tahun 2020 dan menjadikan Kabupaten Barru berada pada kabupaten kelompok IPM kategori tinggi di Sulawesi Selatan; 

 5) Angka kemiskinan menurun dari 9,71 persen pada tahun 2017 menjadi 8,26 persen pada tahun 2020.

Pencapaian indikator pembangunan daerah tersebut di atas, menunjukkan bahwa pemerintah Kabupaten Barru telah hadir  bersama dengan seluruh unsur tatanan yang ada, bahu membahu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.  

Termasuk dalam penanganan pandemi covid 19 dengan penerapan tiga strategi kunci yaitu :

1.Percepatan pemulihan ekonomi

Langkah yang ditempuh Pemerintah Daerah Kabupaten Barru dalam percepatan pemulihan ekonomi diantaranya pemberian bantuan kepada UMKM yang terdampak dengan kelompok sasaran penerima adalah penerima bantuan yang sudah diverifikasi berjenjang, dengan realisasi pada Tahun 2020 sebesar Rp 6,10 Milyar; 

2.Menerapkan Jaring Pengaman Sosial

Langkah yang ditempuh Pemerintah Daerah Kabupaten Barru dalam menerapkan jaring pengaman sosial adalah pemberian bantuan-bantuan langsung pada tahun 2020 seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 2,33 milyar, Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 850 Juta, Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 15,16 Milyar, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kelurahan sebesar Rp 5,83 Milyar, dan BLT Desa sebesar 24,56 milyar;

3. Peningkatan Kualitas dan aksesibilitas Layanan Kesehatan.

Langkah yang ditempuh Pemerintah Daerah Kabupaten Barru dalam peningkatan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan pada seluruh jenjang pelayanan mulai dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama sampai Fasilitas Kesehatan Rujukan, dan memperluas aksesibilitas jangkauan pelayanan kesehatan pada masyarakat terutama aspek promotif  dan preventif. Dengan realisasi pada tahun 2020 sebesar 6,63 Milyar.

Diharapkan dengan menerapkan ketiga strategi ini dapat menjadi bingkai penyelenggaraan good governance di Kabupaten Barru dalam menangani pandemi Covid 19.

Keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Kabupaten Barru, tidak terlepas dari peranan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Pusat serta seluruh Pemangku Kepentingan.  Peran tersebut diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Barru.  

Alhamdulillah kami sangat merasakan adanya kepedulian dan perhatian yang besar dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap kemajuan Kabupaten Barru. 

Selanjutnya, sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61, perkenankan kami menyampaikan kepada Bapak Plt.Gubernur, bahwa pada Tahun Anggaran 2020.

Kabupaten Barru telah merealisasikan pembangunan fisik sebanyak 28 paket dengan nilai Rp. 69 Milyar lebih.  

Pembangunan Tanggul Sumpang Binangae  sebesar Rp 38,56 milyar dan  diresmikan pada hari ini.

Bapak Plt.Gubernur, Hadirin dan Hadirat yang Kami Muliakan

Peringatan Hari jadi Barru ke-61 ini masih berada dalam bayang-bayang pandemi covid 19 untuk itu ada beberapa agenda tahunan seperti Festival To Berru tidak dapat dilaksanakan. 

Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Plt.Gubernur untuk memberikan sambutan sekaligus :

1.meresmikan dan menandatangani prasasti Tanggul Sumpang BinangaE;  

2.meletakkan batu pertama Pembangunan Kantor Polisi Resort Kabupaten Barru;

3.penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Barru dengan Bank Sulselbar tentang Bantuan Fasilitasi Permodalan/Kredit Bagi Desa (BumDesa);

4.penyerahan santunan kematian BPJS ketenagakerjaan bagi Aparat Non ASN dan Perangkat Desa.

Sebelum mengakhiri sambutan, tak  lupa  pula  kami sampaikan ucapan  terima  kasih  kepada seluruh hadirin atas kesediaannya menghadiri acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten  Barru  ke-61.  Semoga    Allah  SWT  berkenan  memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua. Diakhir sambutan Bupati dua priode menutup dengan pantun. "Sungguh Indah Bunga Melati, Disiapkan Rapih di Ruang Tamu, Dengan Semangat Yassiberrui, Mari Bersama Membangun Barru". (Hms/SM)   



Posting Komentar untuk "HUT Kab Barru Digelar Terbatas, Namun Terasa Ke Seluruh Wilayah"