Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 

Sepak Terjang Suardi Saleh, Birokrat Tekhnokrat yang Melompat Jadi Politisi Ulung

Suardi Saleh  bersama istri Hj. Hasnah Syam

BARRU (wartamerdeka.info) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) merupakan partai besutan tokoh kharismatik, Surya Paloh yang di Sulsel pada pelantikan 11 Kepala Daerah (Jumat, 26/2/2021) memenangkan 7 Daerah. Satu diantaranya adalah, Ir. H. Suardi Saleh M.Si, suami dari Anggota DPR RI Fraksi Nasdem, drg. Hj. Hasnah Syam MARS.

Suardi Saleh tujuh tahun lalu, adalah Birokrat Tekhnokrat di salah satu daerah di Sulsel, sebelum mengambil pensiun dini dan maju menjadi Wakil Bupati Barru di tahun 2015. Loncatannya dari ASN ke Dunia Politik, bukan kebetulan, dirinya dikader langsung oleh Mantan Birokrat Ulung yang juga Tokoh Politisi Ulung Sulsel, Mantan Bupati Pinrang (Alm) Andi Nawir.

Suardi Saleh kemudian, menjalani prosesnya di jagat politik saat didaulat menjadi Ketua DPC Partai Nasdem Barru, setelah berhasil menduduki Posisi Wakil Bupati Barru. Tahun 2016, Keberuntungannya terus bergulir, dibalik sikapnya yang humanis dan low profile hingga dilantik jadi Bupati Barru, untuk 4 tahun berikutnya.

Tak seperti politisi murni, Suardi Saleh selaku Ketua DPC Nasdem Barru membawa serta budaya kerjanya ke ruang politik. Mantan Kepala Dinas PU dan Kepala Bappeda Pinrang ini, mendisiplinkan diri dan mengelola rencana terstruktur dan terorganisir baik. Tak heran, pada kontestasi Pemilihan Legislatif, Partai yang ia bina, mendapatkan torehan fenomenal sebagai peraih suara terbanyak dengan raihan lima kursi di DPRD Kabupaten dan berhak mendapatkan Kursi Ketua DPRD Barru.

Bukan hanya itu, Istrinya, Drg. Hj. Hasnah Syam MARS, yang juga bertaruh dalam kontestasi Pileg, berhasil ia dudukkan sebagai Wakil Nasdem Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan II (Dapil 2.). Padahal, kala itu, Kontestan Nasdem Sulsel di Dapil 2 bertabur bintang politik kaliber Nasional.

Mendekati gelaran Pilkada 2020 yang sempat molor kemarin, di tengah perjuangan melawan Pandemi Covid-19 serta tahun panas perpolitikan Daerah, Suardi Saleh dikepung oleh panasnya gejolak politik dan riuhnya issu negatif. Untungnya, Kepala Daerah berjuluk "Pemimpin Tanpa Sekat" ini, telah lama dikenal memiliki karakter dekat dengan rakyat, tenang dan penyabar. 

Walhasil, September 2020, Surya Paloh selaku Ketua Umum DPP Partai Nasdem mengeluarkan keputusan persetujuan pasangan Calon SS-AK menjadi usungan Partai Nasdem. Hasilnya, 46 persen masyarakat Barru membaiat Suardi Saleh sebagai hasil Pilkada paling mengesankan sepanjang sejarah Demokrasi langsung di Barru.

Pasalnya, rangkaian hambatan dan proses pemenang meski telah mengungguli kontestan terdekat dengan selisih sekira 12 persen, masih harus menunggu putusan DKPP dan MK. Kemenangan Pasangan Suardi Saleh yang berpasangan dengan Aska Mappe (SS-AK) dapat dipastikan setelah Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan bahwa Ajuan Pengaduan rivalnya di Pilkada tidak memiliki dasar dan ditolak.

Ketua DPC Nasdem Barru bersama fungsionarisnya pun bersama tiga partai pengusung lainnya, dapat bernafas lega, di batas dua minggu jelang Pelantikan Kepala Daerah Terpilih. Akhirnya, Birokrat Tekhnokrat yang kini menjadi Politisi Ulung di Barru, Ir. H. Suardi Saleh M.Si, kembali memegang tampuk kepemimpinan Kepala Daerah dengan gemilang, setelah tanggal 26 Feberuari 2021 dilantik oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Salamakki topada salama'.  (syam m. djafar) 

Posting Komentar untuk "Sepak Terjang Suardi Saleh, Birokrat Tekhnokrat yang Melompat Jadi Politisi Ulung"