Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Bupati Nelson Dukung Desa Dulamayo Jadi Destinasi Wisata Kopi

GORONTALO (wartamerdeka.info) – Desa Dulamayo Selatan, di wilayah Telaga Biru, diibaratkan Bogor-nya Gorontalo itu. Desa ini potensi alamnya sangat menjanjikan, antara lain, pohon kemiri, cengkeh, pohon duren, kelapa bahkan sayur-sayuran dan tanaman hortikuktura.

Sejak kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo periode pertama, daerah itu telah dicanangkan menjadi konservasi destinasi wisata karena keindahan pohon Pinus. 

Kini daerah dingin tersebut tengah dilirik asosiasi kopi Indonesia DPD Gorontalo untuk dikembangkan dan dirancang menjadi daerah central kopi sekaligus menjadi wisata kopi. 

Keinginan asosiasi kopi Indonesia itu beroleh dukungan penuh dari Bupati Gorontalo  Prof. Nelson Pomalingo sekaligus sebagai ketua himpunan kelompok tani Indonesia, HKTI Provinsi Gorontalo. 

Nelson Pomalingo mengatakan, Dulamayo adalah Bogor-nya Gorontalo dengan tanaman hortikultura, sayur-sayuran dan buah - buahan. 

"Hari ini, saya bersama asosiasi kopi Indonesia DPD Gorontalo  ingin merancang central kopi," kata Nelson ditemui usai berkunjung di hamparan kebun kopi di desa dulamayo Selatan, Minggu (13/6).

Secara historis, Nelson menambahkan, diketahu bersama bahwa jelajah rempah  Indonesia salah satunya berada di Dulamayo, dan didalamnya ada kopi.

“Kopi Dulamayo sudah terkenal sejak dulu dan itulah yang mendorong pemerintah Kabupaten Gorontalo dan HKTI untuk menjadikan daerah Dulamayo Selatan yang dominannya di Dulamayo Barat menjadi centralnya kopi," tandas Nelson.

Apalagi kata Nelson, jalan dari Pentadio resort kurang lebih 10-15 menit masyarakat berkunjung bisa menikmati Kopi Dulamayo. Nelson berharap, tahun ini rencana tersebut bisa berjalan, sehingga bisa menjadi destinasi agro wisata di Provinsi Gorontalo. 

"Kita akan dorong ini kerjasama dengan asosiasi kopi sehingga rumah belajar kopi segera ada. Minum kopi dulamayo," tandas Nelson.

Posting Komentar untuk "Bupati Nelson Dukung Desa Dulamayo Jadi Destinasi Wisata Kopi"