Paripurna Ketiga DPRD, Bupati Lamongan Optimis Target RPJMD Tercapai

LAMONGAN (wartamwrdeka.info) - Memasuki hari ketiga, Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan kembali digelar, Senin (28/6/2021).

Rapat paripurna mendengarkan jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap 2 Raperda inisiatif eksekutif dan Jawaban Fraksi atas Pendapat Bupati terhadap 4 Raperda inisiatif legislatif.

Bupati Yuhronur Efendi menyampaikan jawaban dan tanggapan atas pendapat, pemikiran dan saran, serta pertanyaan atas Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  tahun  2021-2026 dan Raperda perubahan kedua atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan.

Pak Yes, panggilan bupati Lamongan menanggapi berbagai persoalan seperti pembangunan infrastruktur, kemiskinan, fasilitas kesehatan, pelayanan publik, fasilitas pendidikan, hingga target dan capaian RJPMD lima tahun kedepan. 

"Berbagai persoalan penting sebagaimana yang disampaikan berbagai Fraksi terhadap pemerataan infrastruktur, pemkab berkomitmen melalui program JAMULA. Sedangkan untuk penanganan kemiskinan pemerintah telah bersinergi dengan masyarakat dan dunia usaha dengan melakukan berbagai pendekatan. Pemkab juga melakukan pemerataan kualitas pendidikan, melalui peningkatan sarana prasarana, peningkatan kualitas guru hingga beasiswa bagi keluarga kurang mampu dan berprestasi . Terhadap pelayanan kesehatan, pemerintah terus melakukan pemantauan berkesinambungan diseluruh puskesmas dan jaringannya,” kata Bupati Pak Yes. 


Target dan capaian RPJMD, Pemerintah Daerah menggunakan tiga pendekatan yakni Benchmarking, proyek statistik dan expert judgement. Melalui hal tersebut Eksekutif Optimis Semua Target RPJMD Tercapai.


“Melalui tiga pendekatan tersebut , serta pertimbangan aspek pengalaman dan penganggaran. Pemkab juga  mempersiapkan antisipasi melalui evaluasi kinerja perangkat daerah yang akan dilaksanakan setiap semester guna mengetahui capaian dan strategi. Melalui hal tersebut Pemkab Lamongan berkomitmen dan berkeyakinan serta optimis bahwa target yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik," Ungkap Bupati.

Selanjutnya untuk Raperda perubahan kedua atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan, Bupati mengapresiasi berbagai harapan fraksi agar menjadikan kinerja pemerintah lebih fokus, efektif dan signifikan. 

Juru Bicara DPRD Lamongan Imam Faddli mengungkapkan harapannya atas keempat Raperda inisiatif legislatif  dapat melahirkan karya, ide, maupun terobosan baru dalam mewujudkan Kejayaan Lamongan.

“Apresiasi pemerintah atas Raperda Inovasi Daerah, Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Pengentasan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Alam dan Non Alam kami ucapkan terima kasih. Adapun saran dan harapan melalui Raperda ini dapat melahirkan karya, ide, terobosan baru dalam meningkatkan kinerja pemerintahan untuk menuju Kejayaan Lamongan.

Oleh karena itu, kami berharap keempat Raperda ini dapat disahkan,” harapnya.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama