Kembali Laksanakan Vaksinasi Serentak, Lamongan Percepat Herd Immunity

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Vaksinasi secara serentak, hari ini Sabtu (10/9) kembali dilakukan di wilayah Jawa Timur. Serbuan vaksinasi pondok pesantren dan tempat ibadah ini bertepatan dengan kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan vaksinasi serentak di Jatim.

Disebutkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, secara umum Jawa Timur berada pada ranking pertama dalam pelaksanaan tracing kontak erat, dia berharap agar terus diperhatikan sekaligus mengapresiasi kinerja instansi terkait dalam percepatan penanganan covid-19.

Termasuk mengingatkan bahwa pandemi belum selesai dan mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya mengingatkan, pandemi belum selesai, oleh sebab itu protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan, yaitu memakai masker. Masker adalah kebiasaan baru kita yang harus terus tidak kita tinggalkan, dan protokol kesehatan juga terus digelorakan agar kita semua terhindar dari covid," ucap Marsekal Hadi.

Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo juga mengapresiasi usaha Jatim dalam pencapaian target vaksinasi, juga kerjasama  yang baik dengan Pemerintah Daerah, Kodim, Polri, Dinas Kesehatan, dan para relawan sehingga terjadi penurunan yang signifikan. Dia mengingatkan untuk antisipasi pelonggaran karena penurunan level, dengan tetap memperkuat protokol kesehatan, memakai masker, dan mengajak masyarakat melakukan vaksinasi.

"Yang perlu saya ingatkan walaupun angka-angka sudah turun dan tentunya diikuti dengan kelonggaran yang ada, saya pesan untuk penegakan protokol kesehatan tetap harus kuat, sehingga pada saat pelonggaran terjadi di masyarakat, tidak lengah, sehingga angka laju pertumbuhan penularan covid bisa tetap kita jaga. Tolong akselerasi kegiatan vaksinasi secara masif di setiap wilayah," ujar Kapolri Sigit.

Di Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Kapolres AKBP Miko Indrayana meninjau pelaksanaan vaksinasi yang di Kantor Samsat Lamongan. Sekaligus mengikuti secara virtual kegiatan vaksinasi serentak melalui zoom meeting di Pondok Pesantren Muhammadiyah Karang Asem Kecamatan Paciran. 

Dikatakan Bupati , di Kabupaten Lamongan sendiri vaksinasi ini selain dilaksanakan di Kantor Samsat dan Pondok Pesantren Muhammadiyah Karang Asem Kecamatan Paciran, juga dilaksanakan di beberapa puskesmas di Lamongan.

"Ini merupakan tindak lanjut dari program vaksinasi untuk percepatan memenuhi herd immunity yang kita rencanakan. Hari ini di samsat, di pondok pesantren, dan beberapa tempat lagi di beberapa Puskesmas juga dilaksanakan. Nah, ini semua secara bersama-sama dalam rangka untuk percepatan itu," ungkap Bupati Pak Yes.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lamongan, per-10 September ini dari sasaran 1.064.456 orang yang akan divaksin, sekitar 49,5 persen (527.822) telah menerima vaksinasi. Dalam pelaksanaan vaksinasi serentak yang dilakukan, Pak Yes menargetkan dapat mencapai 23 ribu dosis hingga hari ini. Meski demikian, bupati tetap mengajak masyarakat untuk waspada dan tidak lengah.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan bahwa terdapat 5 sasaran yang direncanakan untuk dilaksanakan vaksinasi. "Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan, Kodim 0812,  bersama dengan Polres Lamongan, bekerjasama dengan Bank Jatim dan seluruh stakeholder yang ada. Jadi sasaran hari ini ada 5 sasaran, dimana hari ini direncanakan akan dilakukan vaksinasi sebanyak 5000 vaksin untuk mencapai target per harinya, tadi disampaikan Pak Bupati 23 ribu. Insya Allah dapat tercapai," terangnya.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama