Gubernur Khofifah Indar Parawansa Apresiasi Terbentuknya MIO Prov Jatim

SURABAYA (wartamerdeka.info) - Peranan media atau pers selama ini, khususnya di Provinsi Jawa Timur, dalam memberikan informasi yang disampaikan tentunya selalu  mengedepankan nilai-nilai edukasi.

Diharapkan kehadiran MIO Indonesia Provinsi Jawa Timur, mampu menyajikan pemberitaan yang membangun untuk kepentingan bangsa dan negara khususnya  masyarakat Jawa Timur. 

Hal itu disampaikan oleh  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, saat acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Media Independen Online (MIO) Indonesia, Provinsi Jawa Timur, Minggu, 24 Oktober 2021, yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, DR. Andriyanto. ST.

Dikatakannya bahwa peranan Pers selama ini sebagai pilar ke empat memiliki peranan strategis setelah Yudikatif, Legislatif, dan Eksekutif.

Dimana fungsi dan tugas Pers dituntut untuk  menjadi penyeimbang dalam memberikan informasi yang jelas, akurat, dan akuntabel, sehingga produk jurnalislistik yang dihasilkan menjadi produk intelektual yang dapat dipercaya kebenarannya.

Gubernur Khofifah dalam sambutannya juga sangat  mengapresiasi terhadap peranan media yang dinilainya mampu mengedukasi pembaca cerdas, sehingga hal itu menjadi langkah mudah bagi pemerintah dalam mengajak kepada masyarakat untuk percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Diakuinya bahwa peranan pers dalam penanganan Covid 19, sangat besar bahkan  kondisi level PPKM di Provinsi Jawa Timur, yang terbanyak untuk level 1, menurut Gubernur, tidak lepas dari peranan media.

Secara tegas Gubernur Khofifah sangat mendukung dengan hadirnya MIO Indonesia di Provinsi Jawa Timur dan beberapa Pengurus Daerah  di Kabupaten/Kota berjuluk Kota Pahlawan tersebut.

Diharapkannya, organisasi MIO Indonesia akan mampu memberikan informasi yang akurat dan sekaligus bisa menjadi mitra bagi pemerintah dalam hadirkan kepentingan yang berguna untuk bangsa dan negara.

Di kesempatan yang sama Ketua Umum MIO Indonesia, AYS Prayogie menyambut dengan baik dukungan yang disampaikan oleh Gubernur Jatim tersebut. 

Prayogie mengatakan bahwa respon yang diberikan Pemprov Jatim  ini,  menjadi dukungan moril yang luar biasa bagi MIO Indonesia, khususnya bagi Pengurus Wilayah MIO Prov Jatim yang baru saja usai dilantik.

Prayogie juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi hingga terealisasi pelantikan MIO Jatim bersama 23 Kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur tersebut sesuai rencana. 

Di Acara yang sama  Ketua Kadin Provinsi Jatim DR. H. Basa Alim Tualeka, MSi menyampaikan tentang strategi pembangunan pertanian bioindustri berkelanjutan. 

Menurut DR. H. Basa Alim Tualeka jika metoda ini dapat diaplikasikan, ia meyakini  akan menjadi solusi pembangunan ekonomi masa kini dan juga masa depan.

Disebutkan lebih jauh oleh Dewan Pakar DPP MIO INDONESIA tersebut bahwa negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang komplit dan berlimpah. 

"Hal itu jika dikelola dengan baik, saya meyakini bahwa lewat strategi pembangunan pertanian bioindustri berkelanjutan, dapat mensejajarkan keberadaan Indonesia dengan negara-negara maju lainnya yang ada di dunia,, kedepan," pungkas DR. H. Basa Alim Tualeka.

(Rel/Mio)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama