Luncurkan Aplikasi Simpada, Pemda Barru Dan Bank Sulselbar Tandatangani MoU

BARRU (wartamerdeka.info) -  Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh bersama Direktur Oprasional dan TI Kantor Pusat Bank Sulselbar Andi Irmayani Sultan  melakukan pendatanganan Memorandum Of Understanding (MOU)  Sistem Menajemen Pajak Dan Retribusi Daerah (SIMPADA) sekaligus Launching Aplikasi SIMPADA  di Tower MPP Lantai VI  Kantor Bupati Barru, Rabu (13/10/2021).

Bupati Barru Ir H.Suardi Saleh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan launching SIMPADA.

Bupati berharap dengan aplikasi ini dapat dimanfaatkan wajib pajak dan pengelola pajak untuk membayar pajak daerah dimana saja. Selain itu, dapat mempermudah Pemerintah Daerah memonitoring  pajak daerah yang masuk.

"Di era otonomi daerah saat ini, Pemerintah Daerah terus berupaya mendorong peningkatan PAD. Karena kalau PAD meningkat pajak juga akan meningkat. Tetapi dua tahun terkahir ini mengalami penurunan karena kondisi negara ini," ungkap Suardi. 

Lebih lanjut Bupati menguraikan, potensi Daerah kita masih kita harapkan untuk menjadi sumber PAD dari berbagai sektor. Seperti sektor kesehatan dan pertanian. Selain itu Perusahaan Daerah Perseroda yang telah mendapatkan Modal Penyertaan dari Pemda telah  melakukan  untuk pengembangan kawasan pelabuhan dan industri.

Hal yang lain ditambahkan Suardi Saleh agar setiap aktivitas senangtiasa  mematuhi protokol kesehatan. Barru ini Alhamdulillah sisa 2 pasien terkonfirmasi kasus positif dan meminta masyarakat jangan lengah dan tetap waspada.

Sementara itu Direktur Oprasjonal dan TI Bank Sulselbar Andi  Irmayani Sultan mengatakan PT Bank Sulselbar selalu mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan PADnya.

Banyak bisa yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk  meningkatkan PAD adalah memanfaatkan potensi yang ada.

Lanjut putri mantan Bupati Barru Andi Mansyur A. Sulthan ,sulitnya Pemda memonitoring  pajak Daerah  sehingga melalui aplikasi ini semuanya dapat dipermudah.

Ia menyampaikan, PT. Bank Sulselbar selalu dapat  berpartisipasi  membantu  Pemerintah Daerah dalam melakukan  pelaporan  pemasukan wajib pajak secara mandiri melalui aplikasi dimana saja dan kapan saja.

"Saya bersyukur karena Kabupaten Barru merupakan daerah ketiga dari 24 kabupaten/kota menjadi tempat launching aplikasi SIMPADA. Tentu hal ini membuat saya bangga karena Barru yang menjadi bagian daerah saya bisa melakukan itu", ujar Andi Irma. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah Ushuluddin,S.T melaporkan tujuan dari Launching  ini untuk memperkenalkan aplikasi SIMPADA kepada masyarakat khususnya pengelola pajak dan retribusi daerah dan masyarakat wajib pajak secara luas.

Turut hadir Pemimpin Divisi TI Kantor Pusat Bank Sulselbar Muhammad Ikbal. Kepala Cabang Bank Sulselbar Barru Muhammad Syahrir. Para Kepala OPD ,Para Kabag, Para Camat dan para Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Barru. (har/syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama