Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Akan Diakttifkan Kembali Usai Pandemi Covid-19

KOTA BEKASI (wartamerdeka.info) - Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) Kota Bekasi yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi pada menggelar audiensi bersama Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Acara terselenggara di Area Stadion Patriot Chandrabaga yang dihadiri oleh Camat se Kota Bekasi dan para pengurus dari BSIP Kota Bekasi.

Ketua BSIP, Edi Supangat dalam sambutannya mengatakan bahwa selama pandemi Covid 19, kegiatan  bank sampah sangat vakum. Hanya beberapa RW saja yang tetap berjalan.

Diharapkan dengan adanya audiensi ini dengan Pemerintah Kota Bekasi pihaknya bergerak bersama dalam mengelola sampah di tiap RW di Kota Bekasi. 

"Ada penurunan jumlah Bank Sampah, akibat ddampak Covid 19. Dari 200 Bank Sampah, hanya bergerak sekitar setengah persennya, 89 tidak aktif. Kami sangat berharap  Bank Sampah ini terus aktif pada saat landainya Covid 19 sekarang," ujar Edi Supangat.

Ia  mengatakan bahwa sebagian RW di Kota Bekasi belum bisa mengkoordinasikan mengenai sosialisasi bank sampah, terkendala pada lahan dan pengelola bank sampah tersebut, untuk itu BSIP siap melakukan sosialisasi pada tiap RW untuk menggerakkan pada wilayah masing masing.

Wali Kota Bekasi mengucapkan terima kasih kepada para penggerak dan pengelola dari tiap Kecamatan yang memprogramkan dan mensosialisasikan bank sampah di setiap RW.

Dia menegaskan kepada setiap Camat untuk segera melakukan fungsi dari bank sampah danmendorong pengelolaan sampah di setiap wilayah. 

Wali Kota akan membuatkan kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan BSIP Kota Bekasi untuk menunjukkan eksistensi dari BSIP sebagai pengelola sampah.

MoU  pengembangan pengelolaan Bank Sampah mengenai dana pinjaman untuk pengelolaan tersebut, juga akan menggaet IPPAT Kota Bekasi yang fungsinya jika ingin membangun koperasi dalam bank sampah akan di koordinasikan dengan Ippat Kota Bekasi dalam mengurus segala kebutuhan notarisnya.

Wali Kota juga mengatakan bahwa RW adalah kepanjangtanganan dari Pemerintah Kota Bekasi setiap program yang dikeluarkan dari Pemerintah, Camat agar terus lakukan sosialisasi mengenai program program Pemerintah Kota Bekasi dan ajak para RW untuk lakukan pembelajaran mengenai pentingnya pengelolaan sampah. (Tyo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama