Nilai Jual Tinggi, Emak-Emak Desa Tuladenggi Budidaya Tanaman Umbi Porang

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) -  Dalam rangka pemanfaatan lahan kosong dan juga sebagai bentuk peningkatan ekonomi keluarga, Emak-Emak desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru di bawah asuhan PKK Kabupaten Gorontalo dan dasa wisman, saat ini menggenjot budidaya tanaman Umbi Porang.

Diketahui, tanaman umbi porang ini sangat menjanjikan dengan nilai ekonomi tinggi untuk kesejahtreaan ekonomi keluarga. 

Untuk mengawali budidaya tanaman umbi porang tersebut, emak-emak belajar cara menanam umbi porang dengan mengikuti  Pelatihan dan penyuluhan cara menanamnya, Sabtu (04/12/2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway saat menghadiri kegiatan itu mengatakan, tanaman Umbi porang sangat berpotensi unuk  pemberdayaan ekonomi keluarga.

Karena itu dirinya, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa dan kecamatan yang telah menyediakan lahan budidaya porang bagi ibu-ibu rumah tangga serta ibu-ibu PKK desa termasuk bagi masyarakat. 

"Gerakan tanam budidaya umbi porang adalah program Nasional yang sudah direkomodir oleh ketua Tim Penggerak pusat kepada seluruh tim penggerak PKK Provinsi maupun Kabupaten Kota di Indonesia," beber Fory. 

Lanjut Fory, Sangat menjanjikan hasil panen untuk bagaimana meningkatkan ekonomi keluarga, ekonomi masyarakat juga dalam hal menangani covid-19,yang saat ini kita harapkan segera usai.

Ia pun berharap, untuk lahan yang disediakan saat ini agar digunakan dengan baik sehingga masyarakat dapat meningkatkan ekonominya.

Hal ini juga, kata Fory untuk menyikapi dan kepedualian PKK untuk bisa merealisasikan arahan Menteri Pemdes, menteri dalam negeri serta menteri pertanian.

“karena taman umbi porang direkomodir ketua PKK pusat, di dorong dan di dukung tiga menteri. Sukses untuk desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru dan Is The Best untuk emak-emak,”pinta Fory Naway. 

Terpisah, Kepala Desa Tuladenggi Johan Panegoro menjelaskan, kegiatan pelatihan dan penyuluhan tanaman umbi porang hari ini juga ditandai dengan penanaman secara simbolis oleh PKK Kabupaten Gorontalo bersama Ibu-Ibu khususnya masyarakat desa Tuladenggi.

Program pelatihan budidaya tanaman umbi porang ini diprogramkan melaui sumber dana desa kurang lebih 10 jutaan dan melibatkan dasa wisma sebagai warga binaan PKK desa Tuladenggi.

“Jadi, tujuan pelatihan ini untuk bagaimana memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada emak-emak dan dasa wisma untuk bisa memanfaatkan lahan pekarangan," ungkap Johan. 

Bahkan kedepan, setelah mereka mendapatkan pengetahuan budidaya tanaman umbi porang, maka mereka bisa terapkan di pekarangan rumah masing-masing. 

Kevdepan pemerintah desa akan dan sudah memprogramkan melalui sumber dana desa sehinga ini akan berdampak peningkatan konomi masyarakat Tuladenggi.

“Tahun 2022, pemerintah desa akan mengadakan bibit tanaman umbi porang yang akan dibagikan di setiap rumah masyarakat. Saat ini, untuk rumah itu kurang lebih 1000 rumah dan yang akan diambil contohnya 500 rumah diawal.  setiap rumah diberikan 20 pohon untuk ditaman dilahan pekarangan rumah," pungkasnya. 

Dengan analisa pola usaha yang telah dipelajari, dari 20 pohon per rumah kali 500 rumah bisa mencapai 10 ribu pohon. Sehingga,dari 10 ribu pohon kita hitung saja perpohon menghasilkan 5 kilo maka ada 50 ribu kilo hasil panen setiap 6 bulan sekali.

"Dari 50 ribu kilo, kita jual 5 ribu per kilo gram maka ada 250 juta dihasilkan dari program ini setiap panen atau 6 bulan sekali,"tutupnya. (Irf)

Posting Komentar untuk "Nilai Jual Tinggi, Emak-Emak Desa Tuladenggi Budidaya Tanaman Umbi Porang "