SPPBE PT. CISCO Sinar Jaya Energi Kerjasama Satpol PP Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

BARRU (wartamerdeka.info) - Satpol PP dan Damkar Barru menggelar kegiatan simulasi pemadam kebakaran di SPPBE PT. CISCO Sinar Abadi Jaya Energi, Toe, Desa Siddo, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Ahad (23/1/2022).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Pol PP (Kasatpol PP) dan Damkar Barru Muh. Sabirin S.Sos.M.Si., didampingi Kasi Ops Damkar, Kasi Sarpras Damkar, Analis Kebakaran, Tim dan Crew Pelatih Damkar serta diikuti oleh 25 orang peserta dari PT. CISCO Abadi Jaya Energi.

Kasatpol PP dan Damkar Barru Sabirin  menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Perda Barru Nomor 2 tahun 2019 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran,  surat edaran Bupati Barru nomor 01 tahun 2022 tentang antisipasi bahaya kebakaran di wilayah Kabupaten Barru dan surat PT Cisco Sinar Jaya tentang permohonan pelatihan pemadaman kebakaran.

Menurut Sabirin, sebelum dilakukan simulasi terlebih dahulu Tim memberikan materi dan sosialisasi tentang Aspek Healt Safety Environment (HSE), Teori Fire Fighting (Sistem Pemadam Kebakaran), Teori Segitiga Api dan dilanjutkan dengan simulasi Apar dan air bertekanan di sekitar lokasi. 

"Setelah mengikuti simulasi tim kemudian melanjutkan Evaluasi hasil simulasi, " ujarnya. 

Kegiatan ini, kata Sabirin, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan proteksi dini dan kesiap siagaan apa bila terjadi kebakaran termasuk memeriksa kelayakan alat Apar dan alat lainnya.

Selain itu, peserta juga dilatih teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran berdasarkan media seperti Apar, Karung Goni, Hydrant, dan lain lain sebagainya. 

"Kegiatan ini seharusnya menjadi agenda rutin dan wajib dilaksanakan oleh perusahaan perusahan ataupun BUMN, BUMD dan sebagainya di wilayah Kabupaten Barru, " harapnya.

(Ahkam/Syam).

Posting Komentar untuk "SPPBE PT. CISCO Sinar Jaya Energi Kerjasama Satpol PP Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran "