KKN Fakultas Teknik dan Fikom Universitas Mpu Tantular T.A 2021/ 2022 Resmi Ditutup

Foto: Acara Penutupan KKN FT dan Fikom Universitas Mpu Tantular secara virtual (18/02/2022).

JAKARTA (wartamerdeka.info) -Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri, Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mpu Tantular (UMT) Tahun Akademik (T.A) 2021/2022 secara resmi ditutup hari Jumat (18/02/2022) siang.

Penutupan KKN dilakukan secara virtual dengan aplikasi  zoom meeting, diikuti 57 partisipan. Penutupan ini juga sekaligus terkoneksi secara virtual dengan para mahasiswa Fikom yang terakhir KKN, di desa Sembawa, Kuningan, Jawa Barat.

Dari pantauan media, acara diawali laporan, Ketua Pelaksana KKN mahasiswa Fikom, Fajar Pratama yang mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kepala Desa Sembawa, kabupaten Kuningan, Jawa Barat, atas kesediaan menerima kehadiran para mahasiswa Fikom melakukan KKN di desa tersebut. Ucapan terimakasih juga ditujukan kepada Dekan Fikom, Kaprodi Fikom, Dosen Pengampu mata kuliah KKN dan para Dosen Pendamping dari Universitas Mpu Tantular

Sementara itu, Kepala Desa Sembawa, Kuningan, Jawa Barat, Ir. H. Emon Durachman dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut gembira atas kehadiran para mahasiswa Fikom Universitas Mpu Tantular dari Jakarta, dan dapat memberikan hal-hal yang bermanfaat dalam pembangunan komuniaksi masyarakat di desanya.

“Semoga kehadiran para mahasiswa Fikom dari Jakarta ini dapat meningkatkan pembangunan komunikasi masyarakat di desa Sembawa. Kami berharap, tahun-tahun berikutnya masih berlanjut kehadiran mahasiswa dari Universitas Mpu Tantular yang KKN di desa Sembawa,” harap Kepala Desa di lokasi penutupan KKN Fikom, di gedung olahraga desa Sembawa.

Adapun Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mpu Tantular, Dr. (Cand) Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, M.M, M.T, M.H, IICD, CST, yang sekaligus Dosen Pengampu mata kuliah KKN FT dan Fikom mengatakan, KKN T.A 2021/ 2022 Semester Ganjil ini telah dimulai sejak 13 Januari  dan berakhir pada tanggal 18 Februari 2022.

“KKN FT dan Fikom Tahun Ajaran 2021/ 2022 pada Semester Ganjil ini telah dimulai sejak 13 Januari 2022 lalu, dan hari inilah 18 Februari 2022 seluruh rangkaian KKN berakhir. Terimakasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada pak Kepala Desa Sembawa, pak Ir. H. Emon Durachman, yang telah menerima anak-anak kami dari Fikom Universitas Mpu Tantular untuk KKN di desa Sembawa,” ujarnya di layar zoom meeting.

Dr. (Cand) Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, M.M, M.T, M.H, IICD, CST menngungkapkan, seyogiyanya dirinya dapat hadir di desa Sembawa pada hari penutupan KKN.

“Seyogiyanya, saya dapat hadir disana saat penutupan KKN ini. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya belum bisa ikut ke desa wisata Sembawa. Semoga tahun-tahun depan masih terus berlanjut dengan para mahasiswa generasi berikutnya. Terimakasih atas kerjasama yang baik ini,” ungkapnya.

Edison Hatoguan Manurung juga menjelaskan, dari pelaksanaan KKN secara keseluruhan, yang dilakukan di 4 (empat) lokasi yaitu di desa Nagrak, Bogor, Jawa Barat; di SMKN 3 Budi Murni Duren Sawit; di RT02/ RW 01 kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur; di desa Sembawa, kecamatan Jagalaksana, Kuningan Jawa Barat, akan segera diterbitkan book chapter.

“Sebagai out put dari keseluruhan pelaksanaan KKN Mandiri FT dan Fikom di 4 lokasi Tahun Ajaran 2021/2022 ini, akan kita terbitkan book chapter yang ber-ISBN dan HAKI. Karena ini sangat penting secara ilmiah dan akan menjadi referensi bagi para mahasiswa generasi berikutnya,” tandasnya.

Pada sesi akhir virtual, Wakil Rektor Bidang Akademik UMT, Drs. H. Bambang Rismadi M.Si., Ak., CA mewakili Rektor Universitas Mpu Tantular Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE, AK, MM, CPA, CA memberikan sambutan sebelum menutup KKN secara resmi.

“KKN ini sangat banyak manfaatnya. Selain mahasiswa memenuhi syarat akademiknya, mahasiswa juga dilatih berinteraksi dengan masyarakat, dan dapat membantu kebutuhan masyarakat di lapangan, dengan latarbelakang keilmuannya. Semoga para mahasiswa Fikom yang melakukan KKN di desa Sembawa, Kuningan, Jawa Barat, dapat memberi makna terbaik bagi desa Sembawa,” ujar Bambang sekaligus menutup pelaksanaan KKN secara keseluruhan secara resmi, di layar zoom meeting.

Setelah itu, Panitia Pelaksana memberikan Sertifikat kepada Kepala Desa Sembawa, Kuningan, Jawa Barat, dan secara berturut-turut memberikan kepada Dosen Pengampu Mata Kuliah KKN, Warek Akademik dan Rektor Universitas Mpu Tantular.

Sebelumnya, Edison Hatoguan Manurung sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah KKN mengungkapkan, pelaksanaan KKN Mandiri Universitas Mpu Tantular semester ganjil T.A 2021/2022, merupakan kolaborasi dari tematik, yang mengusung tema motivasi warga  untuk hidup sehat, dengan pemanfaatan teknologi berbasis daring menuju  desa wisata dan penggunaan media sosial dan teknologi yang efektif di desa

Adapun para Dosen Pendamping dari setiap prodi yaitu: Mubarock, ST, MT (Prodi Teknik Sipil); Sri (Dosen Teknik Arsitektur); Hansen (Dosen Prodi Teknik Informatika); Ir. Kasimir Sawito, MSi (Kaprodi Teknik Sipil); Hotsan Simanullang, ST., MT (Kaprodi Teknik Mesin).

Setiap lokasi KKN diketuai salah satu mahasiswanya seperti dari kelompok Sipil dan Arsitek ke desa Nagrak, Bogor, diketuai Indra Setiawan Hartopo; Kelompok Teknik Industri dan Informatika diketuai Roni Hidayat; Kelompok Teknik Mesin dan Teknik Elektro diketuai Irama Zai; dan Kelompok Fikom diketuai Fajar Pratama. (DANS/EHM) 

Posting Komentar untuk "KKN Fakultas Teknik dan Fikom Universitas Mpu Tantular T.A 2021/ 2022 Resmi Ditutup"