Prof Dr Fory Naway: Proses Pembelajaran PAUD Harus Dalam Suasana Menyenangkan Bagi Anak

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo, Prof Dr Fory Naway berbagi Tips Program Layanan Paud Holistik Integratif (PAUD HI) di Kabupaten Gorontalo.

Ia menyebut,  Prinsip Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif harus memperhatikan proses pembelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan suasana menyenangkan bagi anak.

Guru Besar Universitas Negeri Gorontalo itu menerangkan, proses pembelajaran dilaksanakan dengan memperhatikan,  kegiatan bermain yang merangsang anak untuk aktif, kreatif, dan eksploratif. Berfokus pada anak secara individu sesuai dengan minat, potensi, dan tahap perkembangan yang dicapai.

“Mendorong terjadinya interaksi di antara anak dengan anak lainnya, anak dengan orang dewasa, dan anak dengan lingkungannya dalam suasana yang alami. Membantu anak agar mandiri, berdisiplin, mampu bersosialisasi, dan memiliki ketrampilan dasar yang mendukung perkembangan anak berikutnya,” jelasnya. 

Kata dia lagi, proses pembelajaran dilaksanakan secara bertahap sesuai kelompok usia, berulang, konsisten dan berkesinambungan sehingga memiliki kebermaknaan bagi anak

Karena itu, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo itu menyebut, Setiap Lembaga PAUD Holistik Integratif berkewajiban menampung anak-anak berkebutuhan khusus. 

Disamping itu, lanjut Fory, .emberikan layanan gizi dan kesehatan dasar kepada anak dan/atau mengintegrasikan layanan PAUD dengan layanan gizi dan kesehatan dasar anak, perawatan dan pengasuhan yang diselenggarakan pihak lain

“Menyelenggarakan penyuluhan bagi para orang tua dan keluarga tentang gizi dan praktek kesehatan yang baik. Secara bergotong royong penyelenggaraan satuan PAUD bersama orang tua dan masyarakat dalam penyediaan makanan tambahan (bergizi) dan kebutuhan suplemen (vitamin) yang dibutuhkan anak,” paparnya.

Paling utama, Bunda Baca Kabgor itu mengatakan, melibatkan lembaga/organisasi dan pemangku kepentingan yang terkait dengan pelayanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan-gizi, perawatan dan perlindungan bagi anak usia dini. 

Intinya dalam proses pembelajaran, Perlindungan anak harus menjadi bagian dari Misi lembaga, artinya semua anak yang ada di Satuan PAUD harus terlindung dari kekerasan fisik dan kekerasan non fisik,

“Termasuk layanan kesejahteraan diartikan bahwa Satuan PAUD memperhatikan setiap anak terpenuhi Holistik Integratif kebutuhan dasarnya yakni kepastian identitas, kebutuhan fisik dan kebutuhan rohani.” tandas Fory Naway mengahiri sambutan dan paparan kegiatan Implementasi Rencana Aksi Daerah Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) dirangkaikan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo bertempat di Ballroom Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jumat (18/2/2022). 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama