Bunda Hebat Bercerita Tentang Buraq

Bunda KB/TK bersama Ustadzah Lembaga Pendidikan Sultan Agung Blimbing Lamongan

LAMONGAN (wartamerdeka.info) -"Apakah anak anak ada yang tahu, apa Buraq itu," tanya salah seorang Bunda walisiswa Kelompok Bermain (KB/TK) Sultan Agung Blimbing, ketika tampil meramaikan Lomba "Bunda PAUD Islam Hebat Bercerita" dalam rangka memperingati Isro' Mikroj Nabi Muhamad SAW, Rabu (2/3/2022).

Buraq adalah,  lanjut Bunda yang tampil enerjik itu, kendaraan Rasulullah SAW 

saat mengalami peristiwa Isra Mi'raj. Dia kemudian bercerita, Nabi Muhammad SAW bersama Malaikat Jibril mengendarai makhluk bernama buraq, makhluk yang melegenda di kalangan umat Islam. 

Berdasarkan beberapa hadits, banyak yang menggambarkan makhluk tersebut. Namun, yang paling menakjubkan mengenai makhluk tunggangan Nabi SAW tersebut adalah kecepatannya yang seperti kilat. Kecepatannya bahkan tidak dapat dijangkau akal, sehingga buraq termasuk salah satu tanda kebesaran Allah SWT. 

Buraq dari kata /barqu berarti kilat. Namun, penggantian istilah dari barqu yang berarti kilat menjadi buraq tersebut jelas mengandung pengertian yang berbeda. Jika barqu adalah kilat, maka Buraq dapat diasumsikan suatu kendaraan yang kecepatannya diatas kilat atau sesuatu yang kecepatannya melebihi gerakan cahaya.

Istilah barqu yang berarti kilat tersebut bisa ditemukan dalam beberapa surah dalam Alquran. Salah satunya yaitu di dalam surat al-Baqarah ayat 20.

Gelaran Bunda Hebat Bercerita tersebut dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok diwakili salah seorang Bunda untuk tampil. Ada 5 kelompok yang berarti lima peserta. Dari lima peserta semuanya tampil semangat dan enerjik. 

Bercerita didepan para Bunda, Ustadzah dan putra putrinya. Termasuk juri dan wakil dari Yayasan Catur Bhakti yang membidani berdirinya Lembaga Pendidikan Sultan Agung. Pengurus Yayasan Catur Bhakti yang hadir pada kegiatan tersebut, mendorong agar kreatifitas tersebut terus dikembangkan dimasa yang akan datang dengan model model kegiatan yang aspiratif, kreatif dan inovatif. Dari lima peserta, terpilih tiga juara, juara I, juara II dan Juara II serta Juara Harapan I dan Harapan II. (Mas)

Posting Komentar untuk "Bunda Hebat Bercerita Tentang Buraq"