Ketua Umum PWOIN: Wilson Lalengke Tidak Seharusnya Ditahan

Foto: Wilson Lalengke (pakai peci) terjepit diantara aparat kepolisian

JAKARTA (wartamerdeka.info) -Mengetahui kabar Ketua umum Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN PPWI) ditahan oleh Polres Lampung Timur, Lampung, Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN), Aris Kuncoro, S.E mengatakan, Wilson Lalengke tidak seharusnya ditahan.

“Saya kira Wilson Lalengke tidak seharusnya ditahan. Karena tidak melakukan tindakan kejahatan atau kriminal maupun teroris. Dari video yang beredar saya lihat, dia hanya mengomel karena protes ingin ketemu Kapolres Lampung Timur, dan kemudian merebahkan bunga papan. Dan itu bukan merupakan tindak kejahatan.” ujar Aris kepada awak media, Minggu malam (13/03/2022) di Jakarta.

Dikatakan Aris Kuncoro, sesuai dengan komitmen Kapolri, Jenderal Listyo Sigit, agar kepolisian sekarang ini makin bijak menilai mana yang perlu dibawa ke ranah hukum.

“Sesuai komitmen Kapolri, Jenderal Listyo Sigit, agar kepolisian sekarang ini makin bijak memilah dan memilih, mana perkara yang perlu dan tidak perlu dibawa ke ranah hukum. Tentu, untuk persoalan Wilson Lalengke, masih ada solusi untuk membuka dialog, kalaupun ada pihak yang keberatan bunga papannya direbahkan,” tandasnya.

Terpisah, senada Aris Kuncoro, Ketua II DPN PPWI, Danny PH Siagian, S.E., MM juga mengatakan, polisi tidak cukup kuat alasan menangkap Wilson Lalengke.

“Saya kira polisi tidak cukup kuat alasan untuk menahan dan menangkap Wilson Lalengke, hanya disebabkan ngomel-ngomel dan mendesak untuk ketemu Kapolres Lampung Timur. Namanya juga lagi kesal, karena salah satu anggotanya diperlakukan tidak adil, dan ditahan secara paksa di Polres Lampung Timur. Wajar sy kira ngomel-ngomel, karena Kapolres tidak bisa ditemui, padahal ada di ruangannya. Apakah itu masuk dalam kategori tindak kejahatan?,” kata Danny justru mempertanyakan, Minggu malam (13/03/2022) di Jakarta.

Selain itu, alasan merebahkan bunga papan yang bertuliskan Ucapan Selamat kepada Polres Lampung Timur atas penangkapan terhadap oknum wartawan (yang juga anggota PPWI Lampung Timur),  juga sangat jauh dari tindak kriminal.

“Saya juga jadi sangat heran, kenapa merebahkan atau menidurkan bunga papan, dan tidak merusak atau memporak-porandakan benda tersebut, diterima Polres Lampung Timur sebagai laporan yang harus diproses hukum? Ini sangat aneh. Padahal, upaya perdamaianpun masih terbuka lebar, kalaupun ada pihak yang tersinggung,” tandasnya.

“Mestinya Polres Lampung Timur malu membawa persoalan tersebut ke ranah hukum,” pungkasnya.

Keduanya sependapat, Wilson Lalengke tidak sepatutnya ditahan, dan harus segera dibebaskan. Sebab tidak cukup kuat alasan untuk penahanan dan penangkapannya. (BRAM/DANS)

Posting Komentar untuk "Ketua Umum PWOIN: Wilson Lalengke Tidak Seharusnya Ditahan"