IGTKI - PGRI Barru Raih Juara Harapan Lomba Paduan Suara Tingkat Prov. Sulsel

MAKASSAR (wartamerdeka.info) -  Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Kabupaten Barru raih Juara Harapan I Lomba Paduan Suara IGTKI-PGRI se Prov. Sulawesi Selatan.

Lomba Paduan Suara tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IGTKI PGRI ke-72 tahun 2022.

Penyerahan hadiah oleh Bunda PAUD Sulsel Naoemi Actarina yang juga adalah istri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman, dilaksanakan disela peresmian Kantor Sekretariat IGTKI PGRI Prov Sulsel dan Halal Bihalal di hotel Dalton Makassar, Rabu (8/6/2022).

Bunda PAUD, Naoemi dalam sambutannya mengungkapkan, peran guru sangat penting. Karena itu, guru harus mengetahui pola asuh yang tepat bagi anak. Baik dari sisi pengetahuan, adab, dan akhlak.

"Guru harus menguasai ilmu pengetahuan parenting, dan ilmu psikososial terhadap anak-anak. Hal ini sudah saya bicarakan bersama Pokja Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan, untuk mengadakan capacity building," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Naoemi, perlu juga dilakukan siraman rohani bagi guru PAUD. Sehingga, mereka bisa memberikan keteladanan dan contoh bagi anak-anak ini.

"Anak-anak ini tidak bisa disuruh. Mereka melihat apa yang dilakukan orangtua dan gurunya, lalu mencontoh. Karena itu, hati-hati bertutur kata di depan anak anak kt. Semarah apapun kita, jangan mengeluarkan kata-kata yang tidak baik," pesannya.

Ketua TP PKK Sulsel ini juga meminta agar guru PAUD tetap berkomunikasi dengan orangtua terkait perkembangan anak-anaknya.

"Ajari anak-anak dengan metode keteladanan, memberikan latihan dan pengamalan. Jangan dulu anak-anak dipaksa untuk membaca, menulis, dan berhitung. Didiklah anak-anak melalui permainan," imbaunya.

Sementara, Ketua IGTKI Sulsel, Dra. Hj. Tamsi, M.Si  mengatakan, IGTKI saat ini sudah memiliki sekretariat, yang merupakan hasil sumbangsih dari seluruh anggota IGTKI. Lokasinya di Kompleks Bulurokeng Permai.

"IGTKI memiliki anggota yang banyak, di 24 kabupaten kota. Dan kami siap mendukung apapun program Bunda Bunda PAUD Sulsel," tandasnya.

Hadir acara tersebut,Pejabat yang mewakili Kadis Pendidikan Sulsel.Ketua Pokja Bunda PAUD Sulsel. Ketua Umum Pengurus Pusat IGTKI PGRI Farida Yusuf, Pengurus  IGTKI PGRI Provinsi Sulawesi. Selatan dan Pengurus inti IGTKI Kab/Kota se Sulsel. 

Hasil lomba Paduan Suara,  juara I IGTKI PGRI Kab Bone, juara II IGTKI PRGI Kab Tana Toraja, juara III IGTKI PRGI Kab Gowa. Juara harapan I IGTKI PGRI Kab Barru. Juara Harapan II IGTKI PGRI Kab Soppeng dan Juara harapan III IGTKI PGRI Kota Parepare. 

(bm/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama