Prodi S1 Pendidikan Biologi FKIP UKI Gelar Lomba FIKIR 2022, Dr Sunarto: Ini Upaya Ajak Siswa Mencintai Alam Dan Lingkungan

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati setiap tanggal 22 Mei dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia  setiap tanggal 5 Juni, Program Studi  (Prodi) Pendidikan Biologi FKIP UKI menggelar Lomba FIKIR (Fotografi dan Karya Ilmiah Remaja) 2022. 

Dekan FKIP UKI, Dr. Drs. Sunarto, M.Hum, kepada wartamerdeka, hari ini,  mengungkapkan, lomba ini sudah kali kedua diadakan. 

"Lomba mengenai Fotografi dan Karya Ilmiah Remaja ini diselenggarakan sebagai ajang kreativitas siswa SMA/SMK/MA seluruh Indonesia," ujarnya.

Lomba ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan Juni 2022 dengan puncak acara pengumuman, yaitu Sabtu, 11 Juni 2022. 

"Ajang ini merupakan ajang positif untuk mengajak siswa  mencintai alam dan lingkungan melalui dunia fotografi dan karya ilmiah remaja," tambah Dr Sunarto.

Dikatakannya, remaja sebagai penerus bangsa perlu dibekali dan dilatih untuk terus berpikir secara ilmiah dengan semangat spiritualitas tinggi berdasarkan Pancasila.

Lomba Fotografi pada tahun ini mengangkat tema Biodiversitas. 

Berdasarkan penilaian Juri Fotografi, yaitu Adisti Ratnapuri, M.Pd. (Universitas Kristen Indonesia), M. Syahriramdani, M.Ikom (Universitas Satya Negara Indonesia), dan Restiawan Permana, M.Si (Universitas Pakuan), ditetapkan pemenangnya sebagai berikut:

Juara 1: Rasha Sabila Zhafarina (SMA IT Insantama, Jawa Barat)

Juara 2: Abid Anugerah Pangestu (SMAN 1 Cikarang Pusat, Jawa Barat)

Juara 3: Sere Zefanya Manalu (SMAN 9 Kota Bekasi, Jawa Barat)

Harapan 1-7 diperoleh secara berturut-turut, yaitu SMK N 1 Kubutambahan (Bali), Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Sabah), SMA Katolik Rajawali (Sulawesi Selatan), Sekolah Citra Kasih (DKI Jakarta), SMAN Bali mandara (Bali), SMKN Bali Mandara (Bali), SMAN 1 Trenggalek (Jawa Timur), serta Juara Favorit berdasarkan like instagram yaitu SMK N 1 Kubutambahan Bali.

Lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) tahun ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Biologi dan Ilmu Serumpun serta Humaniora dan Pembelajran Biologi. 

Berdasarkan penilaian Juri KIR Kategori Biologi dan Ilmu Serumpun, yaitu Prof. Dr. Marina Silalahi, M.Si. (Universitas Kristen Indonesia), Riska Septia Wahyuningtyas, M.Pd. (Universitas Kristen Indonesia), dan Dr. Jendri Mamangkey, S.Si (Universitas Kristen Indonesia), ditetapkan pemenangnya sebagai berikut:

Juara 1: Ardi Devi Priski (SMK N 1 Suak Tapeh, Sumatra Selatan)

Juara 2: Gede Indra Apriad, Kadek Emi Ariani, Kemang Sayu Juni (SMAN Bali Mandara, Bali)

Juara 3: Cindhy Fathika Sari, Chindy Novita, Sardianto (SMK Abdurrab Pekanbaru, Riau)

Harapan 1 dan 2 diperoleh secara berturut-turut, yaitu MAN Tasikmalaya (Jawa Barat) dan SMAN 5 Denpasar (Bali).

Lomba KIR Kategori Humaniora Dan Pembelajaran Biologi merupakan kategori baru di tahun ini. Hal ini karena selain ilmu Biologi, Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI juga berkaitan dengan dunia Pendidikan dan Pembelajaran. 

Berdasarkan penilaian Juri KIR Kategor Humaniora dan Pembelajaran Biologi, yaitu Dr. Drs. Sunarto, M. Hum (Universitas Kristen Indonesia), Fajar Adinugraha, M. Pd (Universitas Kristen Indonesia), dan Alif Yanuar Zukmadini, M.Pd. (Universitas Bengkulu), ditetapkan pemenangnya sebagai berikut:

Juara 1: Nasywa Raida, Vara Vaulina Safitri, Nabilah Yunna Az Zahra (SMAN 1 Jember, Jawa Timur)

Juara 2: Avivah, Nailil Khilma, Septiana Ramadhani (MAN 4 Bantul, D.I Yogyakarta)

Juara 3: Paulasita Suvarly, Patricia Adeline, Keiza Julita (SMA Tarakanita 2 Pluit, DKI Jakarta)

Harapan 1 dan 2 diperoleh secara berturut-turut, yaitu SMAN 1 Teras (Jawa Tengah) dan SMK Kesehatan Purworejo (Jawa Tengah).

Posting Komentar untuk "Prodi S1 Pendidikan Biologi FKIP UKI Gelar Lomba FIKIR 2022, Dr Sunarto: Ini Upaya Ajak Siswa Mencintai Alam Dan Lingkungan"