Desa Deket Agung Lamongan Juara 2 Kampung KB Tingkat Provinsi

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Selain memiliki potensi luar biasa bidang perikanan dan pertanian yang mampu menopang upaya penanganan stunting, Kabupaten Lamongan juga memiliki banyak desa yang bisa dikembangkan sebagai desa percontohan KB (Keluarga Berencana). 

Terbukti dengan terpilihnya Desa Deket Agung Kecamatan Sugio sebagai juara 2 lomba kampung KB percontohan tingkat provinsi kategori lomba kabupaten.

Desa Deket Agung terpilih sebagai salah satu desa perwakilan dari 111 kampung KB di Lamongan. Itu karena Desa Deket Agung  berhasil menperoleh prestasi juara 1 lomba kampung KB tingkat Kabupaten Lamongan, juara harapan favorit lomba kampung tangguh tingkat Kabupaten Lamongan, dan juara genre tingkat Kabupaten Lamongan.

Bahkan, Desa Deket Agung juga memiliki destinasi wisata ‘Sendang Bawono’ untuk menanggulangi permasalahan stunting, dengan memanfaatkan sendang sebagai tempat budidaya ikan.

Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional di Medan pada Kamis (7/7), angka stunting di Indonesia mengalami penurunan setiap tahunnya, di tahun 2021 angka stunting Indonesia mencapai 24,4 persen, dan ditargetkan dapat turun menjadi 14 persen di tahun 2024. Sesuai tema Harganas ke 29 ‘Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting’, dia mengajak untuk bekerjasama mempersiapkan SDM generasi penerus Indonesia yang berkualitas.

“Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke 29 ini saya mengajak kepada seluruh kekuatan bangsa, untuk bergerak bersama-sama, bekerja bersama-sama, bersinergi bersama-sama untuk menurunkan angka stunting, dan seluruh akar permasalahannya dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia generasi penerus kita yang berkualitas,” ajak Presiden Jokowi.

Saat menyerahkan hadiah lomba pada Desa Deket Agung dan penerima juara 2 lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi dari Lamongan, Wabup Abdul Rouf mengungkapkan, ini seiring dengan peningkatan SDM yang semakin sadar  akan pentingnya pengelolaan dan manajemen desa, juga upaya penurunan angka stunting yang diharapkan pemerintah.

“Selamat kepada Desa Dket Agung yang berhasil menjadi juara 2 lomba kampung KB tingkat provinsi, juga saudara Mita Dwi Ayuda sebagai juara 2 lomba karya tulis ilmiah tingkat provinsi. Ini berarti SDM Lamongan semakin sadar akan pentingnya pengelolaan dan managemen desa untuk membantu pembangunan daerah juga program pemerintah,” ucap Wabup Rouf.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Lamongan, Fida Nuraida mengungkapkan salah satu syarat sebuah kampung/desa bisa lolos menjadi kampung percontohan  ini adalah harus memiliki prospek yang bagus baik dari segi manajemen, SDM, kerjasama, juga desa wisatanya yang sudah berkembang.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama