Dirjen Zudan: KIA Anak Di Luar Nikah Syaratnya Mudah, Cukup Bawa KK Dan KTP Ortu

JAKARTA (wartamerdeka.info) -Pemberian kartu identitas anak (KIA) pada anak menunjukkan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak serta memberikan perlakuan non diskriminatif bahwa anak memiliki identitasnya sendiri sebagai seorang WNI. 

Adanya pemberlakuan KIA ini juga merupakan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

Itu sebabnya Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri memberikan perlakuan secara khusus yang terbaik kepada anak-anak dalam perspektif administrasi kependudukan.

Lalu bagaimana dengan anak yang lahir di luar nikah dan tidak ada bapaknya?  Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH mengatakan, kartu identitas adalah hak untuk anak.

"Kondisi anak seperti apapun punya ayah atau tidak kita sebagai orang tua wajib membuatkan kartu identitas anak," ujar Dirjen Zudan lewat keterangan videonya yang diterima redaksi Kamis (11/8/2022).

Bagi anak yang lahir diluar kawin, jelas Prof Zudan, syaratnya cukup membawa kartu keluarga (KK) dan KTP orangtua, karena tidak memiliki buku nikah.

"Kalau anak sudah berumur 5 tahun dibawakan fotonya, dan jika dibawah 5 tahun tidak perlu dibawa, dan tidak perlu surat pengantar RT RW," terangnya.

Seperti diketahui, memiliki KIA tentu ada banyak fungsinya untuk keseharian. Begitu juga manfaatnya bagi anak. Salah satunya untuk mempermudah segala urusan administrasi publik.

Berikut manfaat dan cara menggunakan KIA dalam aktivitas sehari-hari:

1. Administrasi Sekolah

Di sejumlah tempat, penggunaan KIA dibutuhkan untuk syarat administrasi sekolah anak.Tentunya, wajib tidaknya tergantung sekolah itu sendiri.

Nantinya, kartu identitas ini untuk memudahkan pendaftaran ujian serta aktivitas anak-anak di sekolah.

2. Kebutuhan Perbankan

Tak jarang, beberapa orang tua membuatkan rekening tabungan untuk anak. Nah, dalam hal ini manfaat KIA untuk bidang perbankan ini cukup terpakai.

BPJS juga menjadi salah satu fasilitas yang menggunakan KIA untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, ini juga berguna untuk mendaftarkan klaim asuransi jika anak mengalami kecelakaan atau meninggal dunia.

3. Syarat Bepergian

KIA juga dibutuhkan saat anak bepergian ke luar negeri. Hal ini untuk mempercepat proses identifikasi anak.

Keperluan imigrasi juga memerlukan kartu identitas anak dalam mencegah terjadinya perdagangan anak.

Posting Komentar untuk "Dirjen Zudan: KIA Anak Di Luar Nikah Syaratnya Mudah, Cukup Bawa KK Dan KTP Ortu"