Sosialisasi P2 Zoonosis, Anggota DPR RI Hasnah Syam Boyong Tim Kemenkes RI Ke Pulau Puteanging

BARRU (wartamerdeka.info) - Anggota Komisi IX DPR. RI, drg Hj. Hasnah Syam MARS mengatakan,  Zoonosis merupakan penyakit menular dari hewan ke manusia disebabkan adanya virus, bakteri, cacing, atau protozoa (hewan bersel satu) pada hewan tertentu. Penularannya  biasanya dikarenakan manusia berkontak secara langsung dengan hewan yang sedang terpapar suatu penyakit.

Hal itu diingatkan Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai NasDem, drg. Hj. Hasnah Syam, MARS. saat  menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Penyakit P2 Zoonosis bersama mitra kerja Kemenkes RI, di Pulau Pute Anging, Desa Lasitae, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pada Kamis (11/8/2022).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit Zoonosis. Zoonosis adalah merupakan penyakit yang ditularkan melalui hewan, seperti Kucing, Anjing, Unggas, Tikus dan lain-lain.

Sosialisasi tersebut dihadiri Ketua Tim Kerja Kemenkes RI., drh. Sitti Ganefa Pakki, M.Epid., berserta tim P2 Zoonosis Provinsi, Kadis PUPR Barru Drs. Baharuddin., Plt. Dinas Perikanan Barru, Camat Tanete Rilau Akmaluddin, S.STP. M.Si., Kades Lasitae Kartini Baharuddin dan Pengurus TP. PKK Kabupaten dan Kecamatan Tanete Rilau.

"Kami bersama mitra kerja Kemenkes RI., hari ini sengaja datang ke Pulau Puteanging dalam rangka sosialisasi terkait penyakit menular melalui binatang (Zoonosis). Hal ini penting, karena masih banyak masyarakat kita yang belum mengetahui apa itu Zoonosis,"  kata Hasnah Syam dihadapan puluhan ibu ibu warga Puteanging yang hadir sebagai peserta sosialisasi.

Menurut Bu Dokter, sapaan akrab Hasnah Syam bahwa di Komisi IX DPR RI tugas utamanya adalah Sosialisasi. Oleh karena itu, dirinya selalu hadir tengah-tengah masyarakat memberi edukasi terkait kesehatan bersama mitra kerja.

"Selain sosialisasi terkait penyakit menular ini, kita juga gencar melaksanakan sosialisasi percepatan stunting diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Barru. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,"  ungkap Hasnah yang dua minggu lalu melaksanakan sosialisasi stunting jauh di atas pegunungan Balleanging.

Mantan Kadis Kesehatan Barru ini menambahkan, sosialisasi yang dilakukan ini, disamping untuk memberi edukasi, juga sebagai ajang silaturahmi kepada konstituen dan masyarakat.

"Terima kasih kepada masyarakat atas dukungan yang diberikan, sehingga kami bisa duduk sebagai Anggota DPR RI., InshaaAllah kami akan terus melaksanakan amanah dari masyarakat," ucap isteri Bupati Barru dua periode ini diakhir sambutannya.

Sementara itu, masyarakat Pulau Puteanging yang hadir dalam sosialisasi tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bu Dokter. 

"Terima kasih atas kunjungan Bu Dokter yang rela menyeberang lautan mengunjungi kami. Baru kali ini ada Anggota DPR RI yang berkunjung langsung ke Puteanging," ujar masyarakat Puteanging. 

(Ahkam/Syam)

Posting Komentar untuk "Sosialisasi P2 Zoonosis, Anggota DPR RI Hasnah Syam Boyong Tim Kemenkes RI Ke Pulau Puteanging"