Kemendagri Mengapresiasi Ekosistem Data Statistik Sektoral Jawa Barat

BANDUNG (wartamerdeka.info) – Ditjen Bina Pembangunan Daerah yang dipimpin oleh Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II, Iwan Kurniawan melaksanakan kunjungan kerja ke Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Selasa (23/08/2022). 

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah.

Tujuan kunjungan kerja dilaksanakan dalam rangka koordinasi pengelolaan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) dan penguatan walidata daerah Provinsi Jawa Barat. 

Hal tersebut juga merupakan pelaksanaan amanat Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

Dalam regulasi tersebut disebutkan bahwa walidata yang merupakan unit pada instansi pusat dan instansi daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan data. 

Dengan adanya regulasi tersebut maka diharapkan pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat duduk bersama dengan kabupaten/kota untuk menjalankan mandat tersebut.

Selain itu penguatan Data Statistik Sektoral Daerah yang menjadi kewenangan pemerintah daerah bisa dimanfaatkan secara konkrit dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan yang tentu saja akan dipedomani dalam penganggaran di daerah. 

Dalam kesempatan tersebut juga Iwan Kurniawan mengapresiasi kinerja Diskominfo Jawa Barat dalam pelaksanaan Statistik Sektoral Daerah (SSD) di Provinsi Jawa Barat, serta memaparkan dan menjaring masukan dari Diskominfo Jawa Barat terhadap Draft Rapermendagri (Rancangan Peraturan Dalam Negeri) tentang Statistik Sektoral Daerah.

“Jawa Barat telah memiliki ekosistem data yang baik dan bisa dijadikan percontohan bagi Pemerintah Kab/Kota lainnya," pungkas Iwan.

Dari hasil diskusi yang telah dilakukan, pihak Diskominfo Jawa Barat mendukung  penyusunan Rapermendagri dimaksud.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah berharap Rapermendagri  dapat menjadi acuan bagi Diskominfo di seluruh Indonesia Umumnya dan Jawa Barat pada khususnya sebagai Walidata Daerah dalam menyelenggarakan SSD yang lebih baik.

“Rapermendagri ini sangat baik sekali. Kami mendukung Rapermendagri ini untuk bisa segera terbit, sehingga akan menjadi acuan bagi kami di Diskominfo Jabar dalam menyelenggarakan statistik sektoral daerah," tegas Ika Mardiah.

Sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi tersebut, Ditjen Bina Bangda akan menjadikan ekosistem data pembangunan Jabar  sebagai salah satu benchmarking untuk pemerintah daerah lain dalam membentuk SSD yang lebih baik. 

Selanjutnya juga akan dilakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah pilot lainnya sebagai referensi dan pengayaan substansi Rapermendagri tentang Statistik Sektoral Daerah yang sedang disusun oleh tim walidata Ditjen Bina Bangda. (A?

Posting Komentar untuk "Kemendagri Mengapresiasi Ekosistem Data Statistik Sektoral Jawa Barat"