Hebat...Jemput Bola Layani Adminduk Di Yapen Papua, Tim GISA Dukcapil Harus Memacu Adrenalin, Lewati Medan Sulit

SERUI (wartamerdeka.info) - Tantangan yang dihadapi Tim "Jemput Bola" GISA Dukcapil yang diterjunkan di Kabupaten Kepulauan Yapen, dan tim yang bertugas Kabupaten Paniai,  tak kurang memacu adrenalin. 

Untuk menuju Kepulauan Yapen, harus ditempuh dengan tiga kali ganti pesawat. Pertama dari Jakarta ke Jayapura, kemudian ganti pesawat ke Biak Numfor. 

Di Kabupaten Biak Tim GISA 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) menginap semalam untuk berangkat dengan pesawat perintis ke Serui Ibukota Kepulauan Yapen. 

Belum lagi perjalanan darat yang panjang hingga ke lokasi pelayanan Jebol. Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit serta ketahanan fisik yang prima dari para anggota tim yang bertugas. 

Hasilnya tidak sia-sia, selama 4 hari pelayanan jemput bola di Yapen (16, 18, 19 dan 20 Agustus 2022), Tim yang dipimpin Walter E Malau ini berhasil mencetak 777 dokumen. Terdiri cetak KK 127, perekaman KTP-el 145, cetak KTP-el 364, SKPWNI 23, cetak KIA 40, dan cetak akta kelahiran 78.

Tim GISA berkunjung ke Kampung Manainin di Distrik Kosiwo, Sabtu (20/8/2022). Tujuannya mengantarkan langsung dokumen kependudukan hasil pelayanan jemput bola jadwal minggu sebelumnya ke kawasan perbukitan di pinggang Pegunungan Muman itu.

Setelah tiba di Manainin, rombongan bertemu dengan Kepala Kampung Yafet Rawai. Dia dengan antusias dan penuh sukacita menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih. 

Sebab dengan diantarnya dokumen kependudukan ke kampungnya, kini hampir seluruh penduduk kampung tersebut sudah punya dokumen kependudukan lengkap di setiap rumah, yaitu mulai dari KK, akta kawin, akta lahir anak, dan lainnya.

Disdukcapil Kepulauan Yapen bahkan merencanakan Desa Manainin, Distrik Kosiwo menjadi desa/kampung percontohan Tertib Adminduk.

Pencapaian yang diperoleh Tim GISA ini membuat Kepala Dinsosdukcapil Provinsi Papua Ribka Haluk sangat senang dan banyak berterima kasih dengan upaya Ditjen Dukcapil pusat membantu pencapaian kinerja Dinas Dukcapil di Papua yang masih tergolong rendah.

"Ini upaya luar biasa tim dari Dukcapil pusat, dan semoga seterusnya memberikan kami dorongan semangat untuk meningkatkan kinerja Dukcapil se Papua yang saat ini masih berada di level 2," kata Ribka.

Sementara Direktur Dafduk David Yama yang terus memantau pergerakan Tim, memberikan memotivasi dan apresiasi dalam capaian penerbitan dokumen kependudukan yang dicapai oleh Tim GISA.

Dirjen Zudan Arif Fakrulloh juga senang tim yang diterjunkannya berhasil menyelesaikan misi dengan hasil bagus.

Zudan menambahkan, ini semua tindak lanjut arahan Mendagri Tito Karnavian agar Dukcapil all out dalam melayani masyarakat di Papua. (A)

Posting Komentar untuk "Hebat...Jemput Bola Layani Adminduk Di Yapen Papua, Tim GISA Dukcapil Harus Memacu Adrenalin, Lewati Medan Sulit"