Dukcapil Bersama KPU Barru Gelar Rakor Pemutakhiran Data Berkelanjutan

BARRU (wartamerdeka.info) - Komisi Pemulihan Umum (KPU)  Kabupaten Barru bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melaksanakan Rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan  Periode Bulan September 2022, di Aula Kantor KPU Barru, Kamis (8/9/2022).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru Syarifuddin H. Ukkas menyampaikan, telah melakukan Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan periode September 2022.

Pemutakhiran ini telah dilakukan selama 18 bulan dengan jumlah 127.886 daftar pemilih berkelanjutan, dengan 7 Kecamatan 55 Desa/Kelurahan.

"KPU Barru telah menverifikasi administrasi sebanyak 22 Partai Politik dari 24 jumlah Partai Politik yang telah lolos verifikasi secara nasional," jelas dia. 

Lebih lanjut dikatakan,  data pemutakhiran sifatnya statis sebagai contoh, ada warga kita keluar/pindah dari Kabupaten Barru begitu juga ada yang masuk, ada yang meninggal ada juga yang telah masuk usia pemilih dan sebagainya.

Sementara,  Kadis Dukcapil Kab. Barru Drs. Nasaruddin, M.Si menyampaikan, Basic atau sumber data yang KPU olah sekarang adalah sumber dari Pemilu yang lalu.

Data resmi akan diserahkan melalui Dirjen Dukcapil pada Oktober 2022 dan pihaknya memastikan data KPU sama dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil khususnya di Kabupaten Barru.

"Kami terus berinovasi untuk informasi. Kami telah ada petugas registrasi di semua Desa/Kelurahan, jika ada update atau perubahan data, segera sampaikan ke petugas kami". tambahnya

Dirinya berharap kepada pengurus Partai peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Barru agar membantu pihaknya untuk apdate data, karena ada kecenderungan masyarakat, nanti mendesak identitas kependudukannya baru diurus. 

Hadir di acara Koordinasi ini, Forkopimda, Ketua Partai Politik, komisioner KPU, Bawaslu, dan para kepala OPD terkait.

(Ahmad/Syam)

Posting Komentar untuk "Dukcapil Bersama KPU Barru Gelar Rakor Pemutakhiran Data Berkelanjutan"