Kepala PPSDM Yogyakarta: Bangun Karakter Kepribadian ASN Berintegritas

YOGYAKARTA (wartamerdeka.info) – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Yogyakarta menggelar Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Umum Gelombang ke-IV, Golongan II Angkatan IV hingga V dan Golongan III Angkatan XVI hingga XIX Tahun Anggaran 2022.

Dalam sambutan pembukaannya Senin (5/9/2022), Kepala PPSDM Kemendagri Yogyakarta Agus Irawan menyampaikan selamat kepada seluruh peserta CPNS yang mengikuti Latsar. 

Dirinya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Semarang, Brebes, Rembang, Kota Kediri, dan Kabupaten Kulon Progo yang telah mempercayakan CPNS-nya untuk mengikuti Latsar di PPSDM Kemendagri Yogyakarta.

Lebih lanjut, ia menekankan kepada seluruh peserta agar dapat membangun karakter kepribadian yang dapat meningkatkan integritas sebagai PNS.

“Membangun karakter kepribadian ASN yang berintegritas diperlukan untuk tetap memiliki semangat nasionalisme kebangsaan, sehingga dapat memperkuat profesionalitas kompetensi dalam mewujudkan smart governance menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya. 

Selain itu, lanjut dia, para peserta Latsar CPNS dituntut untuk dapat menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa. 

Hal ini dibutuhkan sebagai fondasi budaya kerja PNS dalam melaksanakan tugas di instansinya masing-masing. Ini utamanya dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas untuk mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 

“Saya berharap sebagai aparatur birokrasi harus dapat menjaga netralitas bebas dari intervensi politik, menghindari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, serta memiliki pola pikir yang melayani (dan) tidak hanya terjebak kepada rutinitas terhadap lingkungan yang semakin dinamis dan semakin disruptif,” ucapnya.

Sebagai informasi, Latsar CPNS Formasi Umum Gelombang ke-IV dilaksanakan dari tanggal 21 Juni hingga 10 September 2022 dengan sistem pembelajaran blended learning yang terdiri dari tahap pembelajaran mandiri dengan metode Massive Open Online Course (MOOC), distance learning, habituasi, dan klasikal yang dimulai dari tanggal 5 hingga 10 September 2022. (A)

Posting Komentar untuk "Kepala PPSDM Yogyakarta: Bangun Karakter Kepribadian ASN Berintegritas"