Kuatkan Program Pertanian Pangan, Kemendagri Perkuat Hubungan Multirateral Negara Se-Asia Tenggara

 

JAKARTA (wartamerdeka.info) – Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri memperkuat hubungan multilateral dengan negara se-Asia Tenggara melalui Regional Forum on Successful Project Design and Implementation yang diselenggarakan oleh Asian Development Bank (ADB) di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis (6/8). 

Forum ini membahas penguatan kesiapan, pelaksanaan dan pemantauan proyek di Asia Pasifik Pasca Covid-19 yang dibiayai oleh ADB.

Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Edison Siagian menyampaikan bahwa salah satu kerjasama antara Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri dengan ADB ada pada Bidang Peningkatan Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Petani di Perdesaan.

Selain Kementerian Dalam Negeri, hadir juga dalam forum ini Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Lembaga Administrasi Negara (LAN), LKPP, juga delegasi dari Thailand, Laos, Vietnam, Philipina, India, Kamboja, dan Timor Leste yang memiliki kerjasama dengan ADB. 

Sebagai Informasi Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri melakukan kerjasama dalam Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program  (IPDMIP) untuk Peningkatan Nilai Pertanian Beririgasi Berkelanjutan. Kerjasama lainnya adalah  

Flood  Management in Selected River Basins (FMSRB) untuk meningkatkan kesiapan dalam mengelola dan mengurangi risiko (mitigasi) banjir, termasuk di lahan pertanian, melalui pendekatan pengelolaan banjir terpadu di wilayah sungai. Kedua kerjasama tersebut dilaksanakan sejak tahun 2018 hingga akhir tahun 2022 ini. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama