Pokja III Satgas Pengawalan DOB Lakukan Verifikasi Dan Tinjau Calon Pusat Pemerintahan Papua Pegunungan

WAMENA (wartamerdeka.info) - Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) melakukan identifikasi dan verifikasi dokumen barang milik daerah dalam rangka persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Aithousa, Wamena, Jayawijaya, Selasa (6/9/2022). 

Agenda ini merupakan rangkaian lanjutan dari kunjungan kerja Satgas Pengawalan DOB di Papua.

Ketua Pokja III yang juga Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumule Tumbo mengatakan, pihaknya terus mendorong pemerintah daerah (Pemda) di wilayah Papua Pegunungan agar semakin kompak dalam mempersiapkan peresmian provinsi baru.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga memimpin pelaksanaan identifikasi dan verifikasi aset hibah dari pemerintah kabupaten (Pemkab) se-wilayah Papua Pegunungan. 

Dirinya juga terus memotivasi pihak-pihak terkait untuk menyukseskan persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan.

"(Kebersamaan) ini merupakan sejarah untuk anak cucu kita ke depan. Karena itu kami berharap para bupati dan jajaran terkait agar semakin solid," terang Sumule.

Diketahui dalam kesempatan tersebut, Provinsi Papua dan Pemkab se-wilayah Papua Pegunungan sepakat memberikan dana hibah untuk Provinsi Papua Pegunungan. Kesepakatan itu tertuang dalam berita acara yang ditandatangani secara simbolis bersama-sama.

Sementara itu, usai melakukan identifikasi dan verifikasi, Pokja III meninjau sejumlah calon tempat pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. 

Dalam kesempatan itu, tim bersama para bupati/wakil bupati, sekretaris daerah (Sekda), organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pemasangan plang Kantor Gubernur Papua Pegunungan.

Lebih lanjut, Pokja III juga melakukan peninjauan ke kantor Balai Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Jayawijaya. Rencananya kantor tersebut bakal menjadi salah satu alternatif kantor pemerintahan sementara. 

Di samping itu, Pokja III juga meninjau calon rumah dinas penjabat (Pj.) gubernur dan Pj. Sekda Provinsi Papua Pegunungan. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama