Tangani Tawuran Pelajar Secara Humanis, Polres Jakbar Terima Penghargaan Dari Dinas Pendidikan DKI

JAKARTA BARAT (wartamerdeka.info) -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan memberikan penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Barat. 

Penghargaan diberikan karena upaya preventif, pre'emtif, dan humanis yang dilakukan personel Polres Metro Jakarta Barat dalam menangani kasus tawuran pelajar. 

Dalam praktiknya, para personel Polres Metro Jakarta Barat mengedepankan langkah-langkah humanis dengan cara mengantar para pelajar yang kedapatan tawuran untuk pulang dan dipantau perkembangannya.

"Inisiasi datang dari Polres Jakbar saya lihat humanis sekali dalam lakukan pembinaan tidak sekedar diantar tapi dipantau, agar pak RT tahu, pak RW tahu," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana di Ruang Aris Dinata Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (26/10/2022).

Lanjut Nahdiana, perlu peran penting TNI-Polri dalam menanggulangi tawuran antar pelajar. 

Sebab, sekolah tidak dapat penuh melihat aktivitas anak didik yang sudah pulang dari jam sekolah. Sementara, kebanyakan aksi tawuran terjadi di jam luar sekolah. 

"Belakangan ini tawuran terjadi selepas pulang sekolah bukan jam sekolah. Mereka kembali bertemu melalui pesan-pesan di medsos secara internal kami lakukan kolaborasi," kata Nahdiana. 

Di akhir pertemuan Nahdiana pun memberikan penghargaan yamg diterima langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce. 

Kombes Pol Pasma Royce menyebut, saat ini memang angka tawuran antar sempat naik. 

"Angka tawuran cukup signifikan, ini perlu langkah-langkah komperhensif untuk menekan. Sebab tawuran yang dimaksud bukan kenakalan remaja lagi melainkan aksi kriminalitas," ucap Pasma. 

Lanjut Pasma, melalui Tim Perintis Presisi Polri pihaknya juga akan terus melakukan upaya pencegahan dengan sosialisasi ke sekolah dan memetakan wilayah rawan tawuran. 

Dengan begitu, Pasma menyebut angka tawuran bisa saja menurun di wilayah Jakarta Barat. 

Dalam pertemuan ini turut hadir Wakapolres Metro Jakarta Barat AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso, jajaran Kapolsek di 8 Polsek wilayah, dan rombongan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. (A)

Posting Komentar untuk "Tangani Tawuran Pelajar Secara Humanis, Polres Jakbar Terima Penghargaan Dari Dinas Pendidikan DKI"