Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Diikuti Ribuan Warga, Gerakan Penanaman Bibit Mongrove Paku-Suremana Di Sulbar Sukses

Senin, November 28, 2022, November 28, 2022 WIB Last Updated 2022-11-28T08:28:50Z
Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Ketua MKKS SMK Kab. Mamuju, Drs. Makhmudi Menanam saat menanam Bibit/Propagul Mangrove

MAMUJU (wartamerdeka.info) - Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Akmal Malik M.Si melakukan pencanangan Gerakan Sulbar Menanam Bibit/Propagul Mangrove, Senin (28/11/2022).

Kegiatan yang melibatkan ribuan warga dari berbagai unsur, termasuk OPD, LSM Penggiat Lingkungan,  Mahasiswa dan Peserta Didik SMA/SMK se-Sulawesi Barat, ini, melakukan Penanaman 1.250.000 Bibit/Propagul Mangrove, serentak dari pantai Paku sampai dengan Suremana Provinsi Sulawesi Barat.

Akmal Malik, sengaja memilih salah satu lokasi yang terdampak abrasi,  lokasi Penanaman Bibit/Propagul Mangrove di Pantai Landi Kelurahan Rangas Kec. SIMKEP Kab. Mamuju. 

Turut hadir Ketua MKKS SMK Kabupaten Mamuju, Drs. Makhmudi. Perlh diketahui Provinsi Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Mamuju memiliki luas Hutan Mangrove 794 Ha.

Kepala Desa Pasa'bu Jalaluddin Jadil bersama Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Sjahrir Tamsi turut menyukseskan Gerakan Menanam Bibit Mangrove

Pj. Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, gerakan ini berangkat dari komunikasi bersama dengan berbagai pihak, karenanya dirinya berterima kasih, dan menyampaikan apresiasi  kepada seluruh Forkopimda Sulbar yang terus bersama-sama Pemprov. Sulbar serta memberikan ide dan masukan dalam melakukan aksi nyata demi kemajuan Sulbar.

Disebutkan, masih banyak ditemukan titik terdampak abrasi di sepanjang 715 Km garis pantai Sulbar. 

"Ini bentuk kontribusi nyata kita terhadap lingkungan,"ungkapnya.

Gerakan itu, lanjut Akmal, juga sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo. Karenanya ia berterima kasih kepada berbagai pihak telah mendukung gerakan menanam mangrove tanpa menggunakan APBD.

Sementara itu, Sekprov, Dr. H. Muhammad Idris DP, M.Si.,  memilih lokasi untuk menyukseskan  penanaman 1 250.000  Bibit/Propagul Mangrove di Kabupaten Pasangkayu.

Plt. Kadis Dikbud yang juga adalah Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Barat, Drs. H. M. Natsir, MM bersama Kepala BPPMPV-KPTK Kemendikbudristek RI, Dr. A. Rusdi, M.Pd. dan Peserta Didik, Warga Masyarakat di Desa Bajoe, Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar berkolaborasi SUKSESKAN Gerakan Penanaman 1.250.000 Bibit / Propagul Mangrove.

Plt. Kadis Dikbud dan Kepala BPPMPV-KPTK Gowa ikut menam bibit Mangrove

Gerakan Penanaman 1.250.000 Bibit/Propagul Mangrove melibatkan ribuan Peserta Didik SMA/SMK, OPD, dan LSM Penggiat Lingkungan Hidup se-Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala SMKN 1 Tapalang Barat,  Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. juga turut menyukseskan  Gerakan Penanaman 1.250.000 Bibit/Propagul Mangrove bersama Peserta Didiknya, Guru dan Staf sekolah Kolaborasi dengan sejumlah Mahasiswa KKN UNM Makassar, Warga Masyarakat Desa Pasa'bu, Kepala Dusun, dan Kepala Desa Pasa'bu, Jalaluddin Jadil, S.Ag. yang juga adalah Ketua Komite SMKN 1 Tapalang Barat, Lokasi Penanaman sepanjang Pantai Pasa'bu Kec. Tapalang Barat Kab. Mamuju.

Warga masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Pasa'bu menyambut baik kegiatan ini, mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak SMKN 1 Tapalang Barat dan Pemerintah Desa Pasa'bu yang menjadikan lokasi penanaman bibit mangrove di Pasa'bu ini. Menurutnya, kami warga Masyarakat dan keluarga akan aman dari abrasi air laut ke darat. 

(Sjahrir Tamsi)

Iklan4

 


 


 


 


 


 


 



 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...