Sumbar Juara Umum MTQ Ke-6 Korpri, Menpan-RB: Wiridannya ASN Adalah Melayani Rakyat Dengan Baik

Menpan RB Abdullah Azwar Anas

PADANG (wartamerdeka.info) - Kafilah Provinsi Sumatera Barat berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-6 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tingkat Nasional Tahun 2022 dengan jumlah perolehan total 109 point.

Kafilah Sumatera Barat berhasil menggungguli pesaing terdekatnya di 3 besar yaitu kafilah provinsi Aceh dengan 68 poin dan kafilah provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 63 point. Melengkapi 12 besar dengan point tertinggi, berikut daftarnya:

1. Provinsi Sumatera Barat, nilai 109

2. Provinsi Aceh, nilai 68

3. Provinsi DKI Jakarta, nilai 63

4. Provinsi Banten, nilai 55

5. Provinsi Jawa Timur, nilai 51

6. Provinsi Sumatera Utara, nilai 43

7. Provinsi Riau, nilai 31

8. Provinsi Sulawesi Selatan, nilai 27

9. Provinsi Jawa Barat, nilai 25

10. Provinsi Kalimantan Selatan, nilai 23

11. Kementerian Agama, nilai 18

12. Provinsi Lampung, 17

Penetapan juara umum ini ditetapkan oleh Dewan Hakim MTQ VI Korpri Tingkat Nasional tahun 2022 oleh, Prof. Dr. H.M Darwis Hude, M.Si selaku Ketua, dan Dr. H. Muhammad Ramli Massenge, MA selaku sekretaris. 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyerahkan secara langsung piala bergilir kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, didampingi Wakil Gubernur Sumbar dan Ketua Umum DPN Korpri. 

Dalam sambutannya, Azwar Anas mengungkapkan bahwa Korpri saat ini jauh berbeda dengan Korpri dahulu. Jika dahulu Korpri sebagai alat kekuasaan maka kini Korpri adalah alat untuk melayani.

“Korpri dahulu adalah sebagai alat penyeragaman pilihan politik bersama BKN, tapi sekarang Korpri kini harus dijadikan alat untuk meningkatkan dan melayani rakyat," terangnya.

Mantan Bupati Banyuwangi ini juga berpesan bahwa Korpri harus dijadikan alat untuk bekerja dengan nilai ibadah, ia mencontohkan bagaimana peran seorang kiai dalam membangun negeri. 

“Korpri itu bisa kita jadikan sajadah panjang bagi kita, sehingga kalau para kiai mungkin amaliyahnya dengan wiridan, khataman qur’an, mendoakan kita semua maka wiridannya ASN adalah melayani rakyat dengan baik," ujarnya. 

Azwar Anas menambahkan, Birokrasi ke depan harus berdampak dan layanan berubah menjadi lebih baik. Menurutnya, banyak kepemimpinan yang tidak memiliki dampak terhadap layanan.

“Dengan MTQ saya berharap spiritualitas kita akan memompa andrenalin ASN kita untuk menjadi ASN yang melayani dan berdampak," pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum DPN Korpri, Prof. Zudan Arif Fakhrullah mengumumkan bahwa DKN Korpri telah memutuskan Provinsi Kalimantan Tengah ditetapkan sebagai tuan rumah MTQ ke-7 KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2024. (A/syamsuddin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama