Kemendagri Apresiasi Provinsi Lampung Atas Kesiapan Penyusunan KLHS


LAMPUNG (wartamerdeka.info) - Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Lampung atas dialokasikannya anggaran pembuatan dan pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) pada Rencana Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJPD) dan  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD). 


Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Sosialisasi Penyusunan KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD serta Kick OFF Meeting Penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD Provinsi Lampung di Provinsi Lampung oleh Analis Kebijakan Ahli Muda pada Subdirektorat Lingkungan Hidup, Rima Yuliantari Suharin S.STP., M.TR.IP, pada hari Selasa (21/02/2023). 


Sesuai dengan ketentuan Permendagri 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS RPJMD, pembuatan dan Pelaksanaan KLHS RPJMD dimana muatan di dalam KLHS terdiri dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Daya Dukung, Daya Tampung, dan Isu Strategis. Untuk dapat menyusun dokumen KLHS RPJPD dan RPJMD yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan diperlukan kolaborasi lintas perangkat daerah dan multistakeholder


Pernyataan tersebut disambut baik oleh Kepala Bappeda provinsi Lampung yaitu Ir. Mulyadi Irsan, MT yang mengatakan bahwa penyusunan KLHS RPJPD maupun RPJMD sangat dibutuhkan untuk mendukung dokumen perencanaan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. 


Pada kesempatan tersebut Rima menyampaikan pula bahwa pembuatan dan pelaksanaan KLHS diawali terlebih dahulu dengan pembentukan tim yang dikoordinatori oleh Sekretaris Daerah bersama dengan Bappeda dan Dinas Lingkungan Hidup dengan anggota seluruh perangkat daerah teknis terkait. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Dr. Ir. Fatma Djuwita, M,Si. menyatakan bahwa penyusunan KLHS RPJPD maupun KLHS RPJMD mengintegrasikan enam muatan lingkungan ke dalamnya. Untuk mempercepat proses validasi diharapkan tim Provinsi dapat lebih aktif berkoordinasi dengan KLHK dan tim kabupaten kota kepada pemerintah Provinsi.


Rapat Koordinasi Sosialisasi Penyusunan KLHS RPJPD dan KLHS RPJMD serta Kick Off Meeting Penyusunan KLHS RPJPD dan RPJMD sangat penting untuk mengetahui progres kesiapan kabupaten/kota se-Lampung dalam perencanaan dan penganggaran, monitoring progres pembuatan dan pelaksanaan KLHS RPJPD  dan RPJMD serta menjadi momen untuk menjaring isu strategis yang akan dituangkan di dalam dokumen KLHS RPJPD dan RPJMD. 


Acara ini dihadiri oleh perwakilan Bappeda, Dinas LH, Kepolisian, Pertahanan,  mitra pembangunan daerah serta perangkat dinas lainnya yang terkait pembuatan dan pelaksanaan KLHS RPJMD dan RPJPD. (A).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama