Terkait Cuaca Ekstrem, Kapolres Barru Sampaikan Himbauan


BARRU (wartamerdeka.info) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang juga memberikan peringatan waspada hujan intensitas lebat dan sangat lebat, untuk beberapa wilayah di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Barru.


Menaggapi perungatan BMKG tersebut, Kapolres Barru AKBP Dodik Susianto, S.I.K memberikan himbauan kepada seluruh warga Kabupaten Barru untuk senantiasa waspada dan berhati hati terutama di daerah rawan banjir dan tanah longsor.


Kapolres juga memperingatkan warga yang bermukim di pesisir pantai agar mengantisipasi banjir rob dan gelombang tinggi. Serta meminta kepada nelyan untuk menunda melaut sampai cuaca kembali dinyatakan aman oleh pihak berwenang.


Jika membutuhkan bantuan terkait bencana alam, Kapolres meminta kepada warga agar tak segan menghubungi polsek setempat atau melalui nomor telepon aduan Kapolres di 08114242100.


Selanjutnya Kapolres memerintahkan kepada personelnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan, dan meminta semua Kapolsek jajaran agar memantau perkembangan situasi di lapangan dan melaporkan secara real time.


Kapolres menambhakan bawa Tim Sar dari Satuan Samapta juga sudah disiapkan yang dilengkapi dengan perah karet dan kano. Tim Sar ini selalu siap untuk ditugaskan untuk melakukan evakuasi atau distribusi bantuan bila dibutuhkan.


“Semua personel telah saya minta untuk disiagakan, semua Kapolsek memantau perkembangan wilayah dan melaporkan situasi dengan cepat. Kita juga punya Tim Sar dengan perlengkapan yang siap dikerahkan untuk evakuasi atau distribusi logistik jika dibutuhkan," tutup Kapolres.

(Hms Polres/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama