Seluruh Desa Di Kab Tangerang Sudah Terbentuk PPID, APDESI Kab Tangerang Diusulkan Terima Penghargaan Dari KI Pusat

Ketua Apdesi Kab,H.Maskota bersama Kabid Pemdes Kab.Tangerang


KAB TANGERANG (wartamerdeka.info) -  Komisi Informasi  Provinsi Banten akan mengusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa sebagai pelopor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat desa terbanyak dan terlengkap se-Indonesia.


Selain itu, KI Provunsi Banten juga akan mendorong Komisi Informasi Pusat memberikan penghargaan kepada perangkat desa juga Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tangerang meraih penghargaan serupa.


Hal itu disampaikan Hilman, Wakil Ketua Komisi Informasi Publik Banten saat menjadi narasumber pada kegiatan Pelatihan Implementasi Peraturan Komisi Informasi Publik Nomor 01 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Informasi Publik di Desa yang dihelat di Hotel Yasmin Binong, Curug Kabupaten Tangerang Banten, Kamis, 16 Maret 2023.


"Saya mengapresiasi secara kelembagaan karena desa-desa di Kabupaten Tangerang hampir seluruhnya sudah memiliki PPID, dan ini paling lengkap du seluruh Indonesia," ujar Hilman yang langsung disambut tepuk tangan ratusan peserta pelatihan tersebut.


"Bisa dicek di desa-desa (di Kabupaten Tangerang), Sekretaris Desanya pasti merangkap sebagai PPID. Dari seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, Kabupaten Tangerang ini yang pertama memiliki PPID Desa terlengkap. Sehingga dalam waktu dekat. Komisi Informasi Publik Banten akan mendorong Kemendes dan Komisi Informasi Pusat untuk memberikan apresiasi (penghargaan) kepada Pak Bupati (Pemkab Tangerang), juga perangkat-perangkat desa, dan APDESI Kabupaten Tangerang," imbuhnya.


Hilman, Wakil ketua Komisi Informasi Provinsi Banten


Hilman juga menambahkan, selain itu, Pemkab Tangerang juga pada tahun 2022 meraih penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Banten sebagai Kabupaten Terinformatif se-Banten.


Galih Prakosa, Kepala Bidang Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi atas capaian jumlah PPID terbanyak dan terlengkap di Indonesia tersebut.


Menurut Galih, hal itu tidak terlepas dari komitmen bersama antara Pemkab Tangerang dengan para Kepala Desa dan APDESI Kabupaten Tangerang dalam mewujudkan pelayanan informasi publik di Pemerintahan Desa.


"Melalui capaian ini menjadi bukti pada pemenuhan komitmen bersama mewujudkan pelayanan publik yang baik dan berkualitas di tingkat Pemerintahan Desa di Kabupaten Tangerang," ujarnya.


Sehingga, Galih juga mengapreasiasi kegiatan pelatihan yang digelar hari ini. "Kegiatan ini akan lebih meningkatkan wawasan para kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Tangerang dalam pelayanan informasi publik," imbuhnya.


Sementara Ketua APDESI Kabupaten Tangerang H. Maskota merasa bersyukur atas capaian tersebut. Menurutnya, para kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Tangerang terus meningkatkan kompetensi untuk mewujudkan keterbukaan informasi.


"Seperti pelatihan pada hari ini, tujuannya untuk meningkatkan kompetensi para kepala desa dan perangkat desa agar lebih memahami persoalan keterbukaan informasi publik, sehingga bisa diimplementasikan melalui PPID di masing-masing desa," katanya.


Maskota menambahkan, pelatihan ini sangat penting, oleh karenanya tak hanya diikuti oleh para kepala desa, tetapi juga perangkat desa lainnya. "Maksudnya agar bisa langsung diimplementasikan, sehingga pelayanan publik di tiap-tiap desa terus ditingkatkan," pungkasnya.


Pelatihan tersebut selain menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Publik Banten, juga dari Kejaksaan Negeri Tangerang. (Hairul)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama