Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) Serentak Di SMKN 1 Tapalang Barat, Sukses


MAMUJU (wartamerdeka.info) - Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya adupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan tetganggunya pertumbuhan pada anak.

Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.


Stunting adalah juga adalah salah satu jenis masalah kesehatan anak akibat gizi buruk, terutama bila berlangsung dalam jangka panjang. Kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh mal-nutrisi pada ibu hamil atau semasa anak dalam masa pertumbuhan.

Penyebabnya Kurang Asupan Gizi pada Ibu Selama Hamil.

Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Banyak yang tidak menyadari bahwa tinggi pendeknya anak bisa menjadi tanda adanya masalah gizi kronis.


Mencegah dan mengatasi Anak Stunting ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menerapkan program keluarga asuh sebagai bentuk aksi nyata penanganan stunting di daerah itu.


"Sebagai bentuk aksi nyata penanganan stunting, kita menerapkan program keluarga asuh. Jadi, setiap pejabat OPD lingkup Pemprov Sulbar, mendampingi keluarga berisiko stunting," kata mantan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Mamuju beberapa waktu lalu.


Pemerintah Kabupaten Mamuju juga tak mau ketinggalan, peduli untuk melakukan hal dengan bentuk yang lain. 


Aksi Bupati Mamuju, Hj. Siti Sutina Suardi, memerintahkan kepada seluruh Rumah Sakit Umum dan Puskesmas setiap Kecamatan se-Kabupaten Mamuju untuk mengintensifkan "Gerakan Minum Tablet Tambah Darah" demi mendorong peningkatan kesehatan remaja putri di setiap satuan pendidikan, khususnya dalam hal mengurangi resiko remaja yang secara jangka panjang juga menjadi penyebab tingginya angka Stunting di daerah kita.


Gerakan Serentak Minum Tablet Tambah Darah (TTD) Serentak Bagi Remaja Putri di SMKN 1 Tapalang Barat dilaksanakan atas  kerja sama PUSKESMAS Kecamatan Tapalang Barat dengan SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.


Kerja sama ini berupa : Obat Tablet Tambah Darah disiapkan Pihak PUSKESMAS, dan Air Mineral disiapkan Pihak Sekolah. 


Kegiatan ini diawali dengan amanat Kepala SMKN 1 Tapalang Barat dilanjutkan arahan dan petunjuk teknis pelaksanaan disampaikan pihak PUSKESMAS Kecamatan Tapalang Barat.


Kemudian Peserta Didik Putri sebanyak 100 orang lebih Serentak Minum TTD di halaman sekolah, Senin 22 Mei 2023.


Ada yang unik dalam kegiatan ini, dan menjadi tontonan yang menarik perhatian guru dan Staf SMKN 1 Tapalang Barat yaitu Peserta Didik Putra yang menyuguhkan Air Mineral kepada Peserta Didik Putri secara berpasang-pasangan.


Setelah Minum TTD, serentak pula peserta didik putra dan putri menyuarakan yel-yel "GERAKAN SERENTAK MINUM TABLET TAMBAH DARAH BAGI REMAJA PUTRI, CEGAH STUNTING SECARA DINI... SUKSES !


Kegiatan pagi hari ini, berlangsung pukul 08.00-09.00 Wita di pelataran tengah SMKN 1 Tapalang Barat Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 


(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama