Bantu Layanan Publik, STIA Al Gazali Barru Serahkan Rekomendasi Perbaikan

Barru, wartamerdeka.info, - STIA Al Gazali Barru melaksanakan survey Indeks Pelayanan Publik (IPM) pada beberapa lembaga dilingkup pemkab Barru dan Pangkep.

Ketua STIA Al Gazali Barru Dr. H. Kamaruddin Hasan M. Pd  yang ditemui di kampus STIA Al Gazali Barru, Rabu 22/11/2023., menjelaskan pelayanan publik adalah aspek penting dalam membangun kepercayaan dan kesejahteraan masyarakat sehingga kualitas layanan publik menjadi fokus utama pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Mahasiswa STIA Al Gazali Barru saat ini menjalankan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengevaluasi beberapa layanan publik di Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep", jelasnya. 

Menurut Kamaruddin, kegiatan survei IKM ini dilakukan untuk mengukur pandangan, efektivitas, efisiensi, dan ketersediaan layanan publik, serta memberikan rekomendasi perbaikan. Salah satu unit layanan yang dievaluasi adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru. 

"Kunjungan mahasiswa dan dosen pengampu, Kasmiah Ali, ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Barru bertujuan untuk meninjau inovasi dan memberikan rekomendasi perbaikan", jelas Ketua Dewan Pendidikan Barru itu. 

Kamaruddin mengatakan, hasil survei menunjukkan kepuasan masyarakat atas layanan yang telah diberikan.  Namun, terdapat rekomendasi untuk peningkatan layanan, seperti meningkatkan sosialisasi persyaratan layanan dan menyediakan panduan online untuk memudahkan akses informasi masyarakat.

Menurut Kasmiah Ali, survei IKM merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Ketua STIA AL GAZALI Barru senantiasa menegaskan bahwa setiap kegiatan diharapkan dapat memberikan wawasan dan kontribusi terhadap  praktik pelayanan publik, metode riset, analisis data, serta menjadi dasar rekomendasi perbaikan layanan", terangnya. 

Lebih lanjut Kasmiah menjelaskan,  survei ini juga merupakan kontribusi Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kualitas layanan publik, sejalan dengan fungsi pengabdian kepada masyarakat. 

"Kegiatan survei IKM tidak hanya menjadi bagian dari pembelajaran mahasiswa, tetapi juga merupakan upaya nyata perguruan tinggi dalam membantu perbaikan layanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat", tegas Kasmiah. 

Ditambahkan, STIA Al Gazali Barru menyerahkan Rekomendasi  perbaikan layanan publik sebagai upaya nyata bantu perbaikan layanan publik  ke beberapa instansi diantaranya,  Dinas Dukcapil, RSUD Lapatarai Barru. Dinas Perpustakaan Daerah. Kantor Samsat. BPJS Kesehatan, PKM Ralla,Pujananting dan Pekkae serta Kel. Tuwung, Takkalasi serta Desa Kamiri. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama