Gubernur Jawa Timur Optimistis Raimuna XIV Berlangsung Sukses

 

Trenggalek, wartamerdeka.info, Kegiatan bertajuk Raimuna Daerah XIV ini digelar di Bumi Perkemahan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek pada 16 – 21 November 2023. Ribuan peserta dipastikan berpartisipasi dalam perhelatan Pramuka Penegak-Pandega  Akbar ini. Tepatnya diikuti 1.355 anggota pramuka Penegak dan Pandega.

Tujuan di selenggarakannya Raimuna untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
"Sekaligus memberikan kepada mereka melalui kegiatan kreatif, rekreatif dan produktif yang bersifat edukatif,” kata Khofifah Indar Parawansa, Jumat (17/11/2023).
Pesan khusus juga disampaikan Khofifah kepada peserta untuk menikmati keindahan Pantai Prigi di Trenggalek.
“Nikmati kekayaan alam Jatim, tapi jangan lupa untuk menjaga dan melestarikannya,” ajak Khofifah.

Sejumlah kegiatan dalam Raimuna Jatim, seperti upacara pembukaan, malam Brawijaya, korve, hingga free innovation activity. Kemudian karang pamitran, temu pinkon, wisata bindamping dan pinkon. Kegiatan kultural dan tradisi, adventure, giat potensi pesisir, giat rekreasi, dan giat palagan. Juga giat SDG’s seperti climate hero, pramuka produktif wirausaha, dunia perguruan tinggi, gerakan pemilu sehat, robotik, coding, database management system, paradigma digital marketing, budidaya udang, association of top achiever scouts, dan berbagi cerita lewat dunia jurnalistik. 

Gubernur Jatim Khofifah berharap mensukseskan kegiatan Raimuna Jawa Timur XIV tahun 2023 ini.
“Raimuna digelar untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penegak dan Pandega, melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif, rekreatif, produktif dan edukatif,” katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Selasa 14/11/2023
Gubernur Khofifah berharap para peserta dapat menggunakan ajang ini untuk belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

“Pererat persaudaraan. Karena menghadapi era industri 5.0, selain kemampuan intelektual, yang harus dimiliki adalah critical thingking, kemampuan complex problem solving, dan juga kemampuan untuk bersosialisasi membangun empati, serta social ability yang tinggi,” tuturnya.

Menurutnya semua kegiatan yang telah dijadwalkan dalam Raimuna akan menjadi bekal yang cukup bagi generasi Pramuka Penegak dan Pandega untuk menyongsong Indonesia emas 2045.
Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur itu berpesan agar para peserta memaksimalkan ajang raimuna sebagai kawah candradimuka, menguatkan jejaring dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

“Selamat mengikuti Raimuna Pramuka. Cetak generasi berkarakter, berintegritas, unggul dan berakhlak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim, Ali Kuncoro menjelaskan, pihaknya telah memastikan agar acara ini berjalan lancar dan aman. (Mas/tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama