Widya, Peraih Medali Emas Olimpiade Sains Bercita Cita Jadi Apoteker



Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun 2023 yang dihalaman Kantor Bupati Barru diikuti para Duta Wisata Kabupaten Barru dari berbagai Sekolah. Mereka menggunakan baju adat dari berbagai provinsi di Indonesia membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bangsa, bahasa dan budaya,.

Salah satu diantaranya adalah Widya, Alumni SMAN 2 Barru, cukup menyita perhatian atas penampilannya yang anggun tak kala tampil menggunakan pakaian adat Bali. 

Pemilik nama lengkap Widyawati ini, belakangan dikenal sebagai siswi berprestasi disekolahnya,  di SMA  Negeri 2 Barru. Dia tercatat sebagai salah satu penerima Bea siswa jalur Aspirasi DPR-RI tahun 2021 & 2022. Berbagai prestasi yang diukir gadis belia kelahiran February 2005 ini, diantaranya Peraih Medali Perak dengan predikat A pada ajang Olimpiade Sains Tingkat Nasional bidang Matematika, bertajuk Kompetisi Sains Indonesia yang diselenggarakan

Puskanas di Medan Sumatera Utara pada Januari 2023.

Peraih Medali Emas dengan predikat A+ pada ajang kompetisi tingkat nasional bidang Biologi bertajuk Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa yang diselenggarakan oleh Prestige di Purwokerto.

Peraih Medali Emas dengan predikat A+ pada ajang kompetisi tingkat nasional bidang Biologi bertajuk Pekan Olimpiade Sains Nasional yang diselenggarakan oleh Yapresindo di Banjarnegara.

Tak hanya itu, Widya juga turut berkontribusi dalam program kegiatan “Potensi Indonesia Mengabdi Pulau Belitung” pada 9-16 Mei 2023 yang diselenggarakan Youth Ranger Indonesia, Kementerian

Pemuda dan Olahraga RI, Desa Mina Eduwisata Tanjung Bunga dan 

RU II Duta Wisata Kabupaten Barru 2023. 

Kegiatan OSIS tidak dilewatkan begitu saja. Anak pertama dari 3 bersaudara pasangan Widodo (ayah) dan Nurzam (ibu) selama sekolah menjabat Sekretaris Umum OSIS. Tercatat pula sebagai  Koordinator Divisi Kesekretariatan Pramuka Ambalan SMAN 2 Barru, Sekretaris Angkatan SMAN 2 Barru, Sekretaris Devisi Komunikasi Infomasi dan Edukasi Forum Genre Lanakka Kabupaten Barru, Staff Departement Of Program Youth Ranger Indonesia Part 1. 

Saat ini, Widya sedang memperdalam skill komunikasi dan Bahasa Inggris. Gadis ini mencatatkan diri beserta teman temannya sebagai juara pertama Local Hero Festival kategori Live Selling Kompetition yang diselenggarakan Kominfo, Kemenparekraf dan BKKBN pada tahun 2021 lalu, serta Juara 1 Pemenang LombaShort Movie peringatan hari sumpah pemuda Forum Genre/PIK-R se Sulawesi Selatan pada 2022.

Meski lulus di enam PTN dan PTS, namun Widya memilih tidak melanjutkan pendidikan di lembaga pendidikan itu. Ada pertimbangan khusus yang di kemukakan gadis yang kini memperlancar bahasa Inggrisnya saat ditanya alasannya. (Syam M. Jafar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama