Bupati Suardi Saleh Jalan Sehat Bareng Guru

Barru, wartamerdeka.info, - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., melepas sekaligus menjadi peserta Jalan Sehat Hari Guru Nasional 2023 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru, Sabtu (16/12/2023).

Jalan Sehat  mengambil titik start di halaman Kantor Bupati Barru dan finish di halaman Kantor Dinas Pendidikan setempat. Bupati Barru bersama sekira 2400-an orang Guru dan Tenaga Pendidik penuh semangat mengikuti jalan sehat tersebut.
Saat melepas peserta jalan sehat, Bupati Suardi Saleh mengapresiasi pelaksanaan jalan santai yang merupakan bagian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Guru Nasional tahun 2023.

"Luar Biasa perhatian Pak Kadis Pendidikan, jalan sehat ini betul betul terasa nuansanya dari Guru oleh Guru untuk Guru. Semua berbaur jadi satu", sebut Bupati.
Pada kesempatan itu, Bupati Suardi Saleh menegaskan Pemerintah kabupaten Barru sangat memperhatikan Sektor Pendidikan  dan hal ini bisa kita lihat dari struktur APBD kita dimana pada Tahun 2023.

"Dalam APBD 2023, Pemkab Barru mengalokasikan anggaran 35,8 % untuk sektor pendidikan dan 15 % untuk Sektor Kesehatan.  Hal ini merupakan upaya dan perhatian Pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia di Kabupaten Barru", tandas Bupati

Lebih lanjut, Bupati mengatakan untuk mengetahui Program Prioritas suatu Daerah terhadap satu sektor adalah dengan melihat APBDnya, 

Dikatakan, sesuai Undang Undang bahwa APBD, APBN minimal mengalokasikan anggaran  20% untuk Sektor Pendidikan dan Sektor Kesehatan 15%.

Bupati  Suardi mengingatkan dengan proporsi anggaran ini, tertunya harus diikuti dengan tanggung jawab. Jangan sampai tidak terjadi keseimbangan antara  besarnya alokasi anggaran dengan output apalagi outcome. 

"Dengan anggaran ini, kita harap gurunya hebat kemudian dari guru yang hebat akan melahirkan siswa siswa yang cerdas dan berprestasi", tutup Bupati. 

Usai jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan pengundian doorprize dan hadiah utama. Untuk hadiah utama berupa paket Umroh didapatkan oleh Hj. Munirah S. Pd. MM,  Kepala UPT SDN Limpo Barru. 

Hadir dalam kegiatan, Wakapolres, Pabung Dandim 1405 Parepare, Kajari Barru, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda Barru Dr. Abustan M. Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan  A. Adnan Azis S.STP.,M.Si. Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Ketua Dewan Pendidikan kabupaten Barru, Para Pengawas TK/PAUD,SD,SMP dan SMA, Para Kepala UPT SD, SMP, Para guru dan tenaga pendidik. Kepala BPJS Enrekang. Pemerhati Pendidikan Teguh Iswara Suardi dan undangan lainnya. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama