Kemenko PMK Susun Program Literasi dan Kreativitas Tahun 2024

Jakarta, wartamerdeka.info, - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Asisten Deputi Literasi Inovasi dan Kreativitas melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Program Kegiatan Tahun 2024, di Ruang Taskin Kemenko PMK, Selasa (5/12/2023).

Asisten Deputi Literasi, Inovasi dan Kreativitas Kemenko PMK Molly Prabawati menyampaikan, tujuan dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi untuk mensinergikan kegiatan pengembangan literasi, inovasi, dan kreativitas setiap Kementerian dan lembaga.

Molly menyampaikan, sejauh ini terdapat beberapa program kegiatan dalam pengembangan literasi inovasi dan kreativitas yang dilaksanakan dengan kolaborasi kementerian dan lembaga, yaitu di antaranya kegiatan Kolaborasi Pembudayaan Literasi Inovasi dan Kreativitas di Bali, Magelang (Jawa Tengah), Sumba Barat (2022), dan Sumba Timur (2023). 

Adanya korelasi, lanjut Molly yang sangat kuat antara budaya inovasi dan kreativitas dengan budaya literasi bukan hanya dalam skala individual, akan tetapi juga dalam skala bangsa.

"Bangsa yang memiliki budaya inovasi yang kuat pasti lahir dari bangsa yang memiliki budaya litrasi yang kuat," katanya.

Hadir pada rapat tersebut, perwakilan Kementerian Dikbud Ristek, Kemendes PDTT, Kemendagri, Kemenparekraf, Kementan, Perpustakaan Nasional, BRIN, BPOM, dan K/L terkait yang memiliki program kolaborasi terkait literasi, inovasi, dan kreativitas.

Setiap perwakilan menyampaikan berbagai program kegiatan yang telah dan yang akan dilakukan pada tahun 2024, seperti memperbanyak pengadaan buku untuk masyarakat, serta anak sekolah dasar dan PAUD untuk meningkatkan minat baca, kemudian membumikan program riset, literasi mengenai obat dan makanan, serta literasi inovasi pertanian
Asdep Molly juga mengatakan tujuan dari pembudayaan literasi menciptakan masyarakat yang inovatif dan kreatif; meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa; membangun karakter etos kerja, gotong royong, dan integritas untuk membentuk manusia yang berkualitas.

Untuk tahun 2024 terdapat beberapa program yang akan dilakukan, yaitu: KSP Pembahasan Payung Hukum Pembudayaan Literasi; KSP Digitalisasi Aksara Nusantara; Kolaborasi Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas di Bukit Tingg dan Lombok Utara; Kolaborasi penyelenggaraan Festival Forum Taman Bacaan Masyarakat.

Kedepannya di tahun 2024 diharapkan dapat terwujud komitmen dan kebersamaan diantara semua pihak untuk terlaksananya target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dalam rangka mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Diharapkan juga sinergitas dan dukungan program/kegiatan antar kementerian/lembaga di Tahun 2024, dan Menyamakan persepsi kegiatan kolaborasi dan koordinasi Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas," ungkapnya. (Sumber : Lamanya Kemenko PMK)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama