Penanaman Serentak Nasional oleh Wapres RI, Prof. K.H. Ma'ruf Amin, di Banten dan UPTD SMKN 1 Tapalang Barat

Penanaman  Serentak Bibit Tabebuya, Ketapang Kencana, Pucuk Merah dll dilakukan oleh Wapres RI, Prof. K H. Ma'ruf Amin di Provinsi Banten. Dapat pula disaksikan secara langsung pandangan mata melalui virtual zoom di UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Minggu (14 Januari 2024). 

Oleh karena di Sekolah ini, SMK Modern Penuh Harapan Untuk Masa Depan Cemerlang, SMK OKE De (Otomotif, Komputer, Elektronika dan Desain Komunikasi Visiual) juga menjadi

titik lokasi untuk melakukan Penanaman Serentak di seluruh wilayah kerja BPDAS Karama.

Kegiatan ini difasilitasi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Dirjen Pengendalian DAS dan Rehabilitasi Hutan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. mengatakan memang benar sekolahnya menjadi titik lokasi Kegiatan Penanaman Serentak di Seluruh Wilayah Kerja BPDAS Karama. 

 $ads={1}

Sjahrir Tamsi, setelah koordinasi dengan Tim BPDAS Karama yang datang di sekolahnya, Jumat pagi (12 Januari 2024) untuk meninjau lokasi dan menghitung serta memastikan lubang yang akan ditanami bibit dimaksud. Dia  menjelaskan ada beberapa jenis bibit tanaman yang akan distribusikan ke UPTD SMKN 1 Tapalang Barat Sabtu, (13 Januari 2024), diantaranya : Bibit Tabebuya, Ketapang Kencana, Pucuk Merah, Mahoni, Eboni (jenis kayu hitam diketahui sebagai pohon unggulan Sulawesi yang mulai langka).

Selanjutnya Sjahrir mengatakan hari Minggu (14 Januari 2024) di sekolahnya ada dua jenis kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dan berskala Nasional, Penanaman Serentak Bibit Tanaman Hias dan Pelindung; dan Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai.

Cabai merupakan salah satu Penyumbang Inflasi di Provinsi Sulawesi Barat. Sementara Inflasi adalah salah satu Program Strategis Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi yakni Program 4+1. 

Pj. Gubernur Prof. Zudan telah menunjuk Ir. H. Abd. Waris Bestari, M.Si., Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Barat sebagai Koodinator Tim Penanganan Inflasi Provinsi. 

Sulbar, kini menunjukkan progres yang signifikan menjadi Terbaik Ketiga Nasional Desember 2023. Hal ini sebagai capaian prestasi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat melalui tangan dingin Pj. Gubernur, Prof. Zudan Arif Fakrullah bersama jajarannya yang luar biasa. 

Gas Full, Koordinasi kepada sejumlah stakeholder dan Bergerak Cepat menyamakan Frekuensi serta Cipta Kondisi kegiatan dalam rangka mendukung dan ikut sukseskan sejumlah Program Pemda Provinsi Sulawesi Barat, satu diantaranya Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai yang oleh Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH., didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat, Ibu Ninuk Triyanti Zudan yang telah melakukan Launching Program Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Sabtu, (6 Januari 2024) baru-baru ini.

Selanjutnya, Sjahrir Tamsi dengan gas full koordinasi kepada Ketua Komite Sekolah, Jalaluddin Jadil, S.Ag. yang juga adalah Kepala Desa Pasa'bu, untuk menyingsingkan lengan baju mengajak semua warga sekolah, para Kepala Dusun dan warga masyarakat sekitar Desa Pasa'bu untuk mendukung dan ikut serta menyukseskan Gerakan Tanam Sejuta Bibit Cabai di halaman sekolahnya pada hari Minggu (14 Januari 2024).

Serah terima sejumlah Bibit Cabai pun berlangsung Kamis 11 Januari 2024 di UPTD Bidang PSP Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat di Kalukku disaksikan Muhammad Yusuf, SP Staf Bidang Hortikultura; Abd. Rahman Kasi Sertifikasi Benih,  Tanaman Hias dan Laboratorium; Abbd. Rusli, Satpam UPTD SMKN 1 Tapalang Barat dan Kabid Hortikultura, Hermanto, SP. M.Si., 

Kedua kegiatan berskala nasional ini akan diliput beberapa media lokal dan Nasional seperti, Media cetak, Online, Media Elektronik Televisi dan media lainnya.(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama